Penguasaan Qawaid Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Arab

Main Article Content

Resy Larasaty Aslinda

Abstract

Artikel ini membahas tentang unsur bahasa dan keterampilan berbahasa, yaitu unsur qawai’id dan keterampilan menulis bahasa Arab (maharah al-Kitabah). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan teori yang mengatakan bahwa salah satu unsur bahasa ini mempunyai peran penting dalam mempengaruhi keterampilan berbahasa arab yakni tentang korelasional penguasaan qawa’id dengan kemampuan menulis bahasa arab mahasiswa/I PBA semester V.

Article Details

How to Cite
Aslinda, R. L. (2022). Penguasaan Qawaid Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Arab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 70–77. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/tatsqifiy/article/view/4923
Section
Articles

References

Ahyar, Haerul. “Penguasaan Mufrādat Dan Qawā’id Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4 (December 31, 2018): 259–74. https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-06.

Esi, Endang Purwaningsih, and Okianna. “PERANAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DAN MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS XI SMK.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 5, no. 10 (October 18, 2016). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17132.

Fatimah, Nuraini. “IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK-PAIR-SHARE DALAM PEMBELAJARAN BERCERITA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA.” Jurnal Penelitian Humaniora 16, no. 2 (May 18, 2016): 90–98. https://doi.org/10.23917/humaniora.v16i2.1862.

Kholiq, Ilham Nur. “Korelasi Antara Penguasaan Qawaid Dan Mufradat Dengan Penguasaan Maharah Al Qiraah Dan Maharah Al Kitabah Dalam Kemahiran Berbahasa Arab Di Madrasah Aliyah Al-Amiriyyah Blokagung Banyuwangi.” Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam 6, no. 2 (May 21, 2017): 43–58.

Mania, Sitti. “OBSERVASI SEBAGAI ALAT EVALUASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 11, no. 2 (November 26, 2017): 220–33. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7.

Nisa, Mauidlotun. “Politik pendidikan bahasa arab di perguruan tinggi : Analisis wacana atas Program Studi Bahasa Arab di UIN Jakarta dan UI,” May 2018. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41661.

Peneliti. “Nilai Tes Tertulis Mahasiswa/i Semester V Pendidikan Bahasa Arab STAIN Bengkalis.” PBA STAIN Bengkalis, November 15, 2021.

Ratnaningtyas, Oktavia. “Pembelajaran Menulis Bahasa Arab Di Program Khusus Perkuliahan Bahasa Arab (PKPBA) Universitas Islam Negeri Malang.” Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman 3, no. 2 (December 1, 2015): 57–73. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v3i2.47.

Ridlo, Ubaid. “Model Pembelajaran Bahasa Arab Materi Al-Qawa’id al-Nahwiyyah.” Al-Ma‘rifah: Jurnal Budaya, Bahasa, Dan Sastra Arab 12, no. 2 (October 2, 2015): 46–57. https://doi.org/10.21009/almakrifah.12.02.05.

Ritonga, Mahyudin. “Pandangan Para Ahli Bahasa Tentang Bahasa Serapan Dalam Al-Quran.” Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies 11, no. 1 (June 27, 2015): 1–28. https://doi.org/10.18196/AIIJIS.2015.

Sauri, Sofyan. “Sejarah Perkembangan Bahasa Arab dan Lembaga Islam di Indonesia.” INSANCITA 5, no. 1 (August 9, 2020): 73–88. https://doi.org/10.2121/incita-jisisea.v5i1.1332.