Komparasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Zoom Cloud Meeting Dengan Video Pembelajaran Bahasa Arab

Main Article Content

Firmansyah
Radif Khotamir Rusli
Muhammad Agus Mulyana

Abstract




Abstrak: Covid-19 berdampak buruk terhadap kehidupan sehari-hari salah satunya adalah pembatasan sosial, mengakibatkan guru dan peserta didik dalam keterbatasan dalam proses pembelajaran. sehingga perlu adanya alternatif untuk mengembalikannya. Maka, agar tetap berjalan membutuhkan media pembelajaran untuk berkomunikasi antara guru dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan dua media pembelajaran dan bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan media pembelajaran zoom cloud meeting dengan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas IV SD Amaliah, Ciawi-Bogor. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode eksperimen semu (quasi eksperiment). Desain yang digunakan adalah (pretest+treatment+post-test) control group design, uji hipotesis statistika menggunakan uji t. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 peserta didik terbagi menjadi dua kelas, kelas eksperimen menggunakan zoom cloud meeting dan kelas kontrol menggunakan video pembelajaran. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Setelah dilakukan perhitungan dengan uji t, pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diketahui nilai t hitung 2,274 > nilai t tabel 2,016. Maka, hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan zoom cloud meeting dengan siswa yang belajar dengan menggunakan video pembelajaran. Dapat disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Arab dan media yang cocok digunakan pada pelajaran bahasa Arab di kelas IV SD Amaliah pada kondisi pandemi yaitu dengan menggunakan video pembelajaran.




Article Details

How to Cite
Firmansyah, Rusli, R. K., & Mulyana, M. A. (2022). Komparasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Zoom Cloud Meeting Dengan Video Pembelajaran Bahasa Arab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 21–36. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i1.4853
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

Daryanto. (2016). Media pembelajaran: Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran (Cetakan I, 2016 Edisi ke-2 Revisi). Gava Media.

Hamiyah, Nur & Jauhar, Mohammad. (2014). Strategi Belajar-Mengajar di Kelas (Cet.1). Prestasi Pustakaraya.

Ismawati, Dwi & Prasetyo, Iis. (2021). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665–675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v 5i1.671

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2015).Metode penelitian pendidikan: Metode penelitian pendidikan/penelitian memberikan deskripsi, eksplanasi, prediksi,inovasi dan juga dasar-dasar teoretis bagi pengembangan pendidikan (Cet-10). Remaja Rosdakarya.

Supardi. (2013). Aplikasi statistika dalam penelitian: Konsep statistika yang lebih komprehensif. Change Publication.