Pengaruh Penggunaan Metode Thariqah Mubasyarah Terhadap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Main Article Content

Latifah

Abstract

Abstrak: Penelitian ini memiliki maksud untuk mencari tahu dan menentukan pengaruh penggunaan metode belajar ini menggunakan Thariqah Mubasyarah terhadap penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hikmah Depok. Metode yang digunakan penelitian ini Metode Kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan dengan cara observasi, wawancara dengan kepala sekolah, guru mata pelajaran bahasa Arab dan juga kepada siswa-siswi kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hikmah Depok, menggunakan test pretest dan posttest yang diujikan kepada kelas eksperimen dan kontrol, dan yang terakhir dokumentasi berdasarkan fenomena yang langsung ada dilapangan. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode Thariiqah Mubasyarah terhaap penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hikmah Depok, hal tersebut dapat ditunjukkan dari hasil uji coba Independent Sample t test yang didapatkan nilai sig 0,000 dimana nilai sig 0,000  0,05.

Article Details

How to Cite
Latifah. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Thariqah Mubasyarah Terhadap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas V Sekolah Dasar . Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 159–168. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i2.4345
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

Baroroh, R. .. 2020. “Strategi Dan Metode Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab.” Arabic Learning 3.

Fajriah, Z. 2015. “PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB (MUFRADAT) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR.” Pendidikan Usia Dini.

Prahesti, L. 2019. KORELASI ANTARA PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB DENGAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB MAHASISWA PBA IAIN PEKALONGAN SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Syarat Guna Memperoleh Gelar Pendidikan (S.Pd) Oleh: LAELA PRAHESTI NIM. 2022111051.

Prihatini, Effiyati. 2017. “Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 7(2). doi: 10.30998/formatif.v7i2.1831.

Switri, E. 2020. “Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Di PTU - Endang Switri, M.Pd.I - Google Buku.” 178. Retrieved March 6, 2021 (https://books.google.co.id/books?id=DbUHEAAAQBAJ&pg=PA178&dq=buku+metode+thariqah+mubasyarah&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjx5tbewZnvAhVNAXIKHSd2DQsQ6AEwA3oECAYQAg#v=onepage&q=buku metode thariqah mubasyarah&f=false).

Safaruddin. 2019. “PENGARUH METODE MUBASYAROH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA BIDANG STUDI BAHASA ARAB DI MA DARUL HUFFADH Skripsi.”

Setiawan, Andi. M. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. 1st ed. edited by Fungky. Ponogoro: Uwais Insipirasi Indonesia.

Sudjani, D. H., and G. Gunadi. 2020. “Thariqah Mubasyarah: Metode Pembelajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi.” Pendidikan Bahasa Arab.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 26th ed. Bandung: Alfabeta Bandung.

Toha, Sukron Muhammad. 2018. “Model Pendidikan Agama Islam Menggunakan Pembelajaran Active Learning Tingkat Sekolah Dasar.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 6(2):228. doi: 10.32832/tadibuna.v6i2.1344.