Pengaruh Efektivitas Metode Fun Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas IV di SD Islam Nurul Jihad

Authors

  • Ghina Aidah Nabilah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i2.4286

Abstract

Abstrak: Dalam proses pembelajaran dibutuhkan metode yang tepat agar materi yang disampaikan oleh guru dapat mudah diterima oleh siswa. Metode fun learning diyakini dapat memberikan pengaruh positif terhadap proses pembelajaran bahasa Arab. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keefektifan metode fun learning terhadap hasil belajar bahasa Arab, dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran bahasa Arab yang menggunakan metode fun learning dan metode biasa. Penelitian ini adalah jenis penelitian Eksperimen semu dengan menggunakan desain Pre-test Post-test control Group Desain, yakni terdapat kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan siswa yang berjumlah 13 orang. Instrumen dalam penelitian ini yaitu soal pre-test dan post-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Analisis data menunjukan bahwa nilai rata-rata pada data post-test kelompok ekperimen sebesar 71,38 sedangkan pada data  post-test kelas kontrol sebesar 35,08, artinya terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode Fun Learning. Adapun untuk menjawab rumusan masalah pada penelitian ini, dilakukan uji hipotesis statistik, bahwa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, angka ini menunjukan bahwa rumusan masalah terjawab, yaitu terdapat pengaruh dari efektivitas metode fun learning terhadap hasil belajar bahasa Arab dan terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode fun learning dan metode konvensional.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alwi, I. (2017). KRITERIA EMPIRIK DALAM MENENTUKAN UKURAN SAMPEL PADA PENGUJIAN HIPOTESIS STATISTIKA

DAN ANALISIS BUTIR: JurnaL Formatif, 2(2),140-148.

Ananda, R, Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan. Medan: CV.Widya Puspita.

Asmawadi, A. (2021). FUN LEARNING MELALUI METODE WHATSAPP PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH UNTUK KELAS 1 SEKOLAH DASA

Faisal, S. (2015). Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Fauzy, H.AH, Arief, Z,A, Muhyani. (2019). STRATEGI MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR

BAHASA ARAB: JurnaL Pendidikan Islam, 12(1),112-127.

Firmansyah, D. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA: JurnaL Pendidikan UNSIKA, 3(1),34-44.

Furqon. (2015). Statistika Terapan Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Furqon, Fathoni, A. (2015). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Gulo, W. (2002). Metodelogi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Bandung: Rineka Cipta.

Kurniawan, A,W, Puspitaningtyas, Z. (2016). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva buku.

Lestari, I. (2015). PENGARUH WAKTU BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA: JurnaL Formatif, 3(2),115-125.

Mufidah, E., Sa’diyah, N.A. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE FUN LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK: JurnaL Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1),49-60.

Mulyadi, M. (2011). PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF SERTA PEMIKIRAN DASAR MENGGABUNGKANNYA: JurnaL Studi Komunikasi dan Media, 15(1),127-138. Islam Negeri Alauddin Makasar, Makasar.

Nurhasanah, S, Sobandi, A. (2016). MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA: JurnaL Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1),128-135.

Qomari, R. (2009). TEKNIK PENELUSURAN ANALISIS DATA KUANTITATIF DALAM PENELITIAN KEPENDIDIKAN: JurnaL Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(3),1-11.

Riwahyudin, A. (2015). PENGARUH SIKAP SISWA DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SUKABUMI: JurnaL Pendidikan Dasar, 6(1),11-23.

Siagian, R.E.F. (2015). PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA: JurnaL Formatif, 2(2),122-131.

Suryanto, B, Sutinah. (2015). Metode Penelitian Sosial. Surabaya: Erlangga.

Usmadi. (2020). PENGUJIAN PERSYARATAN ANALISIS (UJI HOMOGENITAS DAN UJI NORMALITAS): JurnaL Inovasi Pendidikan, 7(1),50-62.

Yusuf, F. (2018). UJI VALIDASI DAN REALIBILITAS INSTRUMEN PENELITIAN KUANTITATIF: JurnaL Ilmiah Kependidikan, 7(1),17-23.

Yusuf, M. (2014). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-07-29

How to Cite

Aidah Nabilah, G. (2021). Pengaruh Efektivitas Metode Fun Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas IV di SD Islam Nurul Jihad . Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 149–157. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i2.4286
Abstract viewed = 368 times