Problematika dan Solusi Pembelajaran Daring Bahasa Arab via WhatsApp Group

Authors

  • Sania Alfaini IAIN Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i2.4242

Keywords:

Pembelajaran Daring, WhatsApp Group, Bahasa Arab, Hambatan, Solusi

Abstract

Pembelajaran daring menyebabkan para siswa melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), salah satunya menggunakan aplikasi WhatsApp Group, hambatan yang dihadapi yakni 1) Guru hanya membagikan materi berupa teks dan PowerPoint 2) Pembelajaran yang diadakan terkesan kurang aktif, karena kurangnya feedback dari siswa secara langsung 3) Guru terkesan kurang variatif dalam penyampaian materi, media, strategi dan evaluasi pembelajaran. Solusi yang diberikan oleh peneliti yakni dengan melakukan inovasi pada pembelajaran daring berupa variasi materi pembelajaran, tahap pembelajaran, media pembelajaran, strategi pembelajaran maupun evaluasi pembelajaran. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan pengambilan data triangulasi metode berupa observasi, wawancara dan kuisioner. Solusi yang ditawarkan kepada para pendidik diharapkan mampu meningkatkan keaktifan dan partisipasi dari pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran daring via Whatsapp Group.

References

al-Ghalayain, M. (2005). Jami' ad-Durus al-'Arabiyah jilid I. Beirut: Dar al-Kutub al-'Ilmiyah.

Hidayat, N. S. (2012). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Jurnal Pemikiran Islam, Vol.37., No.1.

Iswanto, R. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan Teknologi. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, Vol.1 No.2.

Lestari Setyowati, N. S. (2020). BERADAPTASI DENGAN PERUBAHAN: Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Masa Pandemi. Sidoarjo: Delta Pijar Khatulistiwa.

Nanang Kosim, I. T. (t.thn.). Pembelajaran Bahasa Arab melalui Daring; Problematika, Solusi dan Harapan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Downloads

Published

2021-07-29

How to Cite

Alfaini, S. (2021). Problematika dan Solusi Pembelajaran Daring Bahasa Arab via WhatsApp Group. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 133–147. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i2.4242
Abstract viewed = 770 times