Problematika dan Solusi Pembelajaran Daring Bahasa Arab via WhatsApp Group

Main Article Content

Sania Alfaini

Abstract

Pembelajaran daring menyebabkan para siswa melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), salah satunya menggunakan aplikasi WhatsApp Group, hambatan yang dihadapi yakni 1) Guru hanya membagikan materi berupa teks dan PowerPoint 2) Pembelajaran yang diadakan terkesan kurang aktif, karena kurangnya feedback dari siswa secara langsung 3) Guru terkesan kurang variatif dalam penyampaian materi, media, strategi dan evaluasi pembelajaran. Solusi yang diberikan oleh peneliti yakni dengan melakukan inovasi pada pembelajaran daring berupa variasi materi pembelajaran, tahap pembelajaran, media pembelajaran, strategi pembelajaran maupun evaluasi pembelajaran. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan pengambilan data triangulasi metode berupa observasi, wawancara dan kuisioner. Solusi yang ditawarkan kepada para pendidik diharapkan mampu meningkatkan keaktifan dan partisipasi dari pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran daring via Whatsapp Group.

Article Details

How to Cite
Alfaini, S. (2021). Problematika dan Solusi Pembelajaran Daring Bahasa Arab via WhatsApp Group. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 133–147. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i2.4242
Section
Articles

References

al-Ghalayain, M. (2005). Jami' ad-Durus al-'Arabiyah jilid I. Beirut: Dar al-Kutub al-'Ilmiyah.

Hidayat, N. S. (2012). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Jurnal Pemikiran Islam, Vol.37., No.1.

Iswanto, R. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan Teknologi. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, Vol.1 No.2.

Lestari Setyowati, N. S. (2020). BERADAPTASI DENGAN PERUBAHAN: Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Masa Pandemi. Sidoarjo: Delta Pijar Khatulistiwa.

Nanang Kosim, I. T. (t.thn.). Pembelajaran Bahasa Arab melalui Daring; Problematika, Solusi dan Harapan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.