Direct Method: Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Metode Langsung

Main Article Content

Alvin Qudrotulloh

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Langsung (At –Tharqah Al- Mubasyarah) dalam Pembentukan Keterampilan Berbicrara (Maharah al-Kalam) di Madrasah Aliyah Daarul Uluum, Bantarkemang, Kota Bogor. Pembelajaran Bahasa Arab yang ada di Madrasah Aliyah merupakan pelajaran wajib yang harus dipelajari pesarta didik sebagai Standar Isi Kurikulum Madrasah akan tetapi pesrta didik masih banyak yang sulit memahami pelajaran Bahasa Arab dan mengaplikasikannya dalam percakapan sehari – hari. pemembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode langsung (at-Thariqah al-mubasyarah) dalam pembentukan keterampilan berbicara (maharah al-kalam). Maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Pembelajaran bahasa Arab dengan metode langsung (at-thariqah al-mubasyarah) diterapkan di MA Daarul Uluum kelas X secara bertahap. (2) diadakan pembelajaran tambahan di luar kelas dan diwajibkan oleh pihak sekolah mengunakan bahasa arab dalam berkomunikasi sehari-hari (3) Pembelajaran bahasa Arab dengan Metode Langsung (at-Thariqah al-Mubasyarah) di MA Daarul Uluum dapat membentuk keterampilan berbicara (maharah al-kalam).

Article Details

How to Cite
Qudrotulloh, A. (2021). Direct Method: Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Metode Langsung. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 119–131. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i2.4241
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

Amirudin, 2016, Perencanaan Pembelajaran, Konsep dan Impelementasi, Yogyakarta: Parana Ilmu

Arikunto, Suharsimi, 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta

Asmani, Jamal Ma’mur, 2013, Kiat Melahirkan Madrasah Unggulan Merintiis dan Mengelola Madrasah Unggulan, Jokjakarta: Diva Press

Dimyati dan Mudjiono, 2013, Belajar dan Pembelaaran, Jakarta: Rineka Cipta

Fahrurrozi & N Lalah A,2017, Metotologi Khusus Bahasa Arab 1, Jakarta : Uin Syarif Hidayatulloh

Fahrurrozi & N Lalah A,2017, Metotologi Khusus Bahasa Arab 2 ,Jakarta : Uin Syarif Hidayatulloh

Fahrurrazi & Mahyudin, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung CV Pustaka Cendikia Utama

Hermawan, Acep ,2018, Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab, Bandung

Iskandar, 2009, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Gaung Persada

Jamarah & Zain, 3013, Strategi Belajar Mengaar, Jakarta: Rineka Cipta

Kosim, Nanang,2018, Strategi dan Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Bandung : Arfino Raya

Mustofa, Bisri, 2015, Piskologi Pendidikan, Yogyakarta : Perana Ilmu

Nata, Abudin, 2009, Prespektif Islam Tentang Strategi Pendidikan, Jakarta : Kecana

Nata Abudin, 2010, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kencana Media Grup

Nuha Ulin, 2016, Ragam Metodologi dan Media Pembelajaran Bahasa Arab, Super efektif Kreatif Jogjakarta: Diva Press,

Rohman Fathur,2015, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Malang : Madani

Sanaya Wina,2006, Pembelajaran Berorientasai Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Persada Media

Sumantri,Muhamad Syarif,2016, Strategi Pembelajaran, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Suryani, 2012 ,Hadis Tarbawi, Hadits – Hadits Pendidikan,:Teras

Taufiq, Wildan, 2015, Fiqih Lugah (Pengantar Lingustik Arab, Bandung : Nusa Aulia

Thalib, Muhammad, 2013, Sistem Cepat Pengajaran Bahasa Arab, Cimahi:: Gema Risalah Press Bandung

Uno, Hamzah,2012, Profesi Kependidikan, Probematika, Solusi dan Revormasi pendidikan di Indonesia, Jakarta : PT Pribumi Aksara

Uno,Hamzah B,2019, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta : PT Bumi Aksara