Direct Method: Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Metode Langsung
DOI:
https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i2.4241Keywords:
Pembelajaran Bahasa arab, At-Thariqah al-Mubasyarah (Direct Method), Maharah Al-KalamAbstract
Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Langsung (At –Tharqah Al- Mubasyarah) dalam Pembentukan Keterampilan Berbicrara (Maharah al-Kalam) di Madrasah Aliyah Daarul Uluum, Bantarkemang, Kota Bogor. Pembelajaran Bahasa Arab yang ada di Madrasah Aliyah merupakan pelajaran wajib yang harus dipelajari pesarta didik sebagai Standar Isi Kurikulum Madrasah akan tetapi pesrta didik masih banyak yang sulit memahami pelajaran Bahasa Arab dan mengaplikasikannya dalam percakapan sehari – hari. pemembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode langsung (at-Thariqah al-mubasyarah) dalam pembentukan keterampilan berbicara (maharah al-kalam). Maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Pembelajaran bahasa Arab dengan metode langsung (at-thariqah al-mubasyarah) diterapkan di MA Daarul Uluum kelas X secara bertahap. (2) diadakan pembelajaran tambahan di luar kelas dan diwajibkan oleh pihak sekolah mengunakan bahasa arab dalam berkomunikasi sehari-hari (3) Pembelajaran bahasa Arab dengan Metode Langsung (at-Thariqah al-Mubasyarah) di MA Daarul Uluum dapat membentuk keterampilan berbicara (maharah al-kalam).References
DAFTAR PUSTAKA
Amirudin, 2016, Perencanaan Pembelajaran, Konsep dan Impelementasi, Yogyakarta: Parana Ilmu
Arikunto, Suharsimi, 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta
Asmani, Jamal Ma’mur, 2013, Kiat Melahirkan Madrasah Unggulan Merintiis dan Mengelola Madrasah Unggulan, Jokjakarta: Diva Press
Dimyati dan Mudjiono, 2013, Belajar dan Pembelaaran, Jakarta: Rineka Cipta
Fahrurrozi & N Lalah A,2017, Metotologi Khusus Bahasa Arab 1, Jakarta : Uin Syarif Hidayatulloh
Fahrurrozi & N Lalah A,2017, Metotologi Khusus Bahasa Arab 2 ,Jakarta : Uin Syarif Hidayatulloh
Fahrurrazi & Mahyudin, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung CV Pustaka Cendikia Utama
Hermawan, Acep ,2018, Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab, Bandung
Iskandar, 2009, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Gaung Persada
Jamarah & Zain, 3013, Strategi Belajar Mengaar, Jakarta: Rineka Cipta
Kosim, Nanang,2018, Strategi dan Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Bandung : Arfino Raya
Mustofa, Bisri, 2015, Piskologi Pendidikan, Yogyakarta : Perana Ilmu
Nata, Abudin, 2009, Prespektif Islam Tentang Strategi Pendidikan, Jakarta : Kecana
Nata Abudin, 2010, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kencana Media Grup
Nuha Ulin, 2016, Ragam Metodologi dan Media Pembelajaran Bahasa Arab, Super efektif Kreatif Jogjakarta: Diva Press,
Rohman Fathur,2015, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Malang : Madani
Sanaya Wina,2006, Pembelajaran Berorientasai Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Persada Media
Sumantri,Muhamad Syarif,2016, Strategi Pembelajaran, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Suryani, 2012 ,Hadis Tarbawi, Hadits – Hadits Pendidikan,:Teras
Taufiq, Wildan, 2015, Fiqih Lugah (Pengantar Lingustik Arab, Bandung : Nusa Aulia
Thalib, Muhammad, 2013, Sistem Cepat Pengajaran Bahasa Arab, Cimahi:: Gema Risalah Press Bandung
Uno, Hamzah,2012, Profesi Kependidikan, Probematika, Solusi dan Revormasi pendidikan di Indonesia, Jakarta : PT Pribumi Aksara
Uno,Hamzah B,2019, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta : PT Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.