Hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan hasil belajar bahasa arab siswa kelas VIII SMP Plus Darussurur

Main Article Content

Salma Jami'atul Khoirot

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan hasil belajar bahasa arab pada siswa kelas VIII di SMP Plus Darussurur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif korelatif guna mendeskripsikan serta mengukur derajat keterkaitan antara dua variabel tersebut, yaitu kemampuan membaca Al-Qur’an (variabel x) dan hasil belajar bahasa arab (variabel y). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas VIII SMP Plus Darussurur tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat korelasi antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan hasil belajar bahasa arab pada siswa siswi kelas VIII SMP Plus Darussurur. Nilai korelasi yang terdapat pada penelitian ini sebesar 0,244 atau berada pada rentang 0,20 – 0,399. Hal ini menunjukan bahwa tingkat korelasi/hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan hasil belajar bahasa arab pada siswa siswi kelas VIII SMP Plus Darussurur berada dalam kategori sangat rendah. 

Article Details

How to Cite
Khoirot, S. J. (2021). Hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan hasil belajar bahasa arab siswa kelas VIII SMP Plus Darussurur. atsqifiy: urnal endidikan ahasa rab, 2(2), 99–117. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i2.4191
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Majid, S. M. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

al-Ghalayain, M. (2005). Jami' ad-Durus al-'Arabiyah jilid I. Beirut: Dar al-Kutub al-'Ilmiyah .

Al-Qurthubi, S. I. (2009). Tafsir Al-Qurthubi. Jakarta: Pustaka Azzam.

Arikunto, P. D. (2013 ). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ghufron, A. R. (2011). Ringkasan Kaidah-kaidah Bahasa Arab. Gresik: Pustaka Al-Furqon.

Hadjar, I. (1999). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hafid, K. (2016). Relevansi Kaidah Bahasa Arab Dalam Memahami Al-Qur'an. Makassar: UIN Alaudin Makassar.

Hermawan, A. (2013). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Indonesia, D. A. (1994). Al-Qur'an dan Terjemahnya . Semarang: PT Kumudasmo Grafindo.

Indonesia, D. A. (n.d.). Al-Qur'an dan Terjemahnya.

Iryani, E. (2017). Al-Qur'an dan Ilmu Pengetahuan. Jambi: Jurnal Ilmiah Universitas Batangkari .

Margono, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Muslim, I. (n.d.). Shahih Muslim Juz 1. Semarang: Toha Putra.

Nasional, D. P. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustaka .

Nasr, A. Q. (n.d.). Ghoyatu al-Murid fi ilmi tajwid . Kairo : Daru at-Taqwa .

Nuha, U. (2012). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: DIVA Press.

Prof. DR. Suyono, M. d. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya .

Rahim, F. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar . Jakarta : Bumi Aksara.

Rahmawati, F. M. (2013). Permainan Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab (2). Jogjakarta: DIVA Press.

sarjono, H. (2011). SPSS vc LISREL: sebuah pengantar, aplikasi untuk riset. jakarta: salemba empat .

Shodiq, K. N. (1991). Risalah Tajwid . Tasikmalaya : Pesantren Hidayatul Mustafid

silfy salwa, h. b. (2017). minat berwirausaha ditinjau dari hasil belajar peserta didik. tadbir muwahhid, 3-4.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Trianto, M. (2011). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.

Wekke, I. S. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Yogyakarta : Deepublish.