Analisis Kesesuaian Indikator dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab KMA 183

Main Article Content

Muhammad Jundi
Najamudin Petta Solong

Abstract

Munculnya KMA 183 dan penerapannya pada tahun ajaran 2020/2021 membawa banyak hal yang baru dan berbeda. Maka, madrasah yang dalam hal ini guru harus melakukan penyesuaian dalam hal perangkat pembelajaran PAI dan bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi. Dokumen-dokumen berupa RPP dan perangkat pembelajaran lainnya ditelaah dan bandingkan dengan isi KMA 183. Ditemukan bahwa guru bahasa Arab dalam mengembangkan indikator dari kompetensi dasar yang ada belum maksimal. Terlihat dari belum sesuainya indikator dengan kompetensi dasar yang berada pada tingkat berpikir C4. Guru masih menggunakan kata kerja operasional yang tidak relevan dengan kompetensi dasar yang ada. Diharapkan kedepannya lebih banyak lagi sosialisasi kepada guru dalam hal penyusunan perangkat pembelajaran khususnya dalam pengembangan indikator pembelajaran.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Muhammad Jundi, Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo

Pendidikan Bahasa Arab

Najamudin Petta Solong, Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo

Pendidikan Bahasa Arab

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajran (3rd ed.). Remaja Rosdakarya.

Anggraeni, P. (2018). Analisis Keterkaitan Antar Komponen dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar Kota Sumedang. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 1(1), 64. https://doi.org/10.24014/ejpe.v1i1.5069

Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya pada Pelajaran Matematika SMP. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1483

Febrian, F., & Fera, M. (2019). Kualitas Perangkat dan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Micro Teaching Menggunakan Analisis Model Rasch. Jurnal Gantang, 4(1), 87–95. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.1065

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(02). https://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50

Jundi, M., & Yasin, Z. (2020). Penilaian Sejawat dalam Pembelajaran Keterampilan Dasar Mengajar bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro. Maharat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2). https://doi.org/10.18196/mht.2217

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). RajaGrafindo Persada.

Mubin, H. (2018). Analisis Kompetensi Guru dalam Merencanakan dan Melaksanakan Pembelajaran Kimia Berbasis Kurikulum 2013 Studi Kasus di Kelas X SMA Negeri 6 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 6(2). https://doi.org/10.29406/ar-r.v6i2.1223

Nurwati, A. (2014). Penilaian Ranah Psikomotorik Siswa dalam Pelajaran Bahasa. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2). https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.781

Prastowo, A. (2015). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pmebelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 Untuk SD/MI (1st ed.). Prenada Media Group.

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.” Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. http://repository.uin-malang.ac.id/1123/

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rozak, P. (2014). Evaluasi Afektif dalam Pembelajaran. Madaniyah, 4(1), 58–77.
Sanjaya, W. (2013). Perencanaan Dan Desain Pembelajran (6th ed.). Kencana Prenada Media Group.

Scristia, S. (2019). Analisis Kesesuaian Indikator terhadap Kompetensi Dasar pada Pelajaran Matematika oleh Guru Sekolah Menengah Palembang. Jurnal Gantang, 4(2), 103–109. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1429

Wijarini, F., & Ilma, S. (2017). The Analysis of Teacher Candidates’ Teaching Skill in Department of Biology Education, University of Borneo Tarakan, Through Pre-service Teaching Activities. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(2), 149. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i2.4311