Ikhtilaf Al-I’rab dalam Al-Qur’an Surah Al-Insan dan Implikasinya dalam Pembelajaran Nahwu di Madrasah Tsanawiyah

Main Article Content

Muhammad Mu'min

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman dan pengamatan peneliti akan minimnya penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an sebagai bahan ajar pada pembelajaran nahwu di Madrasah Tsanawiyah, selain itu masih banyak pelajar muslim pada khususnya yang masih kesulitan dalam mengi’rab kalimat-kalimat bahasa Arab, sehingga penelitian mengenai ikhtilaf i’rab ini sangat penting karena berguna untuk menghindarkan kita dari kesalahan dalam memahami Al-Qur’an maupun teks-teks Arab lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek-aspek ikhtilaf i’rab dalam surah Al-Insan, sehingga dapat diketahui faktor-faktor penyebab perbedaannya dan pengaruhnya terhadap makna. Dalam melakukan penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu penelitian yang dilakukan berdasarkan paradigma, strategi, dan implementasi model secara kualitatif, adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik, yaitu suatu metode yang digunakan untuk menemukan dan mengungkapkan permasalahan sistematis, dengan cara mendeskripsikan data-data yang kemudian disusul dengan analisis. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha menganalisa objek penelitian untuk digambarkan sebagaimana adanya. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini bahwa dalam surah Al-Insan ini terdapat 10 kata yang mengandung ikhtilaf i’rab didalamnya, 8 kata disebabkan karena aspek bahasa dan 2 kata disebabkan karena aspek qiraat al-qur’an.

Article Details

How to Cite
Mu’min, M. (2021). Ikhtilaf Al-I’rab dalam Al-Qur’an Surah Al-Insan dan Implikasinya dalam Pembelajaran Nahwu di Madrasah Tsanawiyah. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 1–23. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i1.3630
Section
Articles
Author Biography

Muhammad Mu'min, Universitas Djuanda

Pendidikan Bahasa Arab

References

Agustina, A. C. (2009). Pengajaran Kompetensi Bahasa. Angkasa.

Al-Ghalayini, S. M. (2010). Jami’ Ad-Durus Al-’Arabiyyah. Dar At-Taufiq Li At-Turats.

An’im, A. (2016). Sang Pangeran Nahwu Al-Ajurumiyyah. Mu’jizat Group.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Dahlan, S. A. (2015). Mukhtasor Jiddan. Haramain.

Ekawarna. (2012). Pemahaman Guru SD tentang Implementasi K-13 di Provinsi Jambi. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 1(2).

Hamid, B. M. (2012). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. UIN Maliki Press.

Khaldun, A. (2006). Muqaddimah Ibnu Khaldun. Daar Kitab al-Ilmiyyah.

Marlina, M. E. (2013). Kurikulum 2013 yang Berkarakter. JUPIIS : Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial., 5(2).

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Punawan, A. S. (2010). Metode Pengajaran Nahwu Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Jurnal Hunafa, 7(1).

RI, K. A. (2016). Bahasa Arab Untuk Madrasah Tsanawiyah Kelas IX. Kementerian Agama Republik Indonesia.

Shalih, B. A. (1993). Al-I’rab Al-Mufasshal Li kitabillahi Al-Murattal. Daar Al-Fikr.

Sujarweni, V. (2014). Metodologi Penelitian. Pustaka Baru Press.

Walidin, W. S. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press.