Hubungan Kemampuan Bahasa Arab Dengan Prestasi Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas XI MA Sirojul Athfal 2

Main Article Content

Muhammad Farhan

Abstract

Al-Qur’an diturunkan dengan bahasa Arab, dengan bahasa inilah kita dapat membaca Al-Qur’an dan mempelajarinya. Berbicara mengenai bahasa Arab, tidak terlepas dari empat keterampilan: keterampilan membaca, keterampilan menulis, keterampilan menyimak, dan keterampilan berbicara. Pada masa sekarang di Indonesia, bahasa Arab bukan hanya dianggap sebagai bahasa asing, tetapi sudah menjadi salah satu pelajaran yang pokok di lembaga-lembaga sekolah. Adapun tujuan penelitian ini bermaksud mengetahui hubungan kemampuan bahasa Arab dengan prestasi menghafal Al-Qur’an. Kemampuan dalam bahasa Arab memiliki beberapa kata yang memiliki kemiripan makna, di antaranya kata al-Isti’dad, al-Qudroh dan al-Maharah. Adapun kemampuan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah lebih spesifik pada al-Maharah dengan objek atau populasi yang diteliti bertempat di Madrasah Aliyyah Sirojul Athfal 2 pada seluruh kelas sebelas. Objek penelitian ini meliputi semua siswa kelas sebelas yang berjumlah 44 siswa sebagai fokus pemusatannya, sedangkan data diperoleh melalui metode wawancara dan metode dokumentasi yang berupa data-data sekunder. Adapun jenis penelitiannya menggunakan analisis korelasi antara variabel X & variabel Y untuk diketahuinya hubungan diantara keduanya. Dan Hasil penelitian berdasarkan analisis data menghasilkan nilai hubungan sebesar 0,728 yang menunjukkan hubungan dalam interval yang kuat, maka hipotesis dapat diterima.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Muhammad Farhan, Universitas Djuanda

Pendidikan Bahasa Arab

References

Aflisia, N. (2016). Urgensi Bhs. Arab bagi Hafidz Al-Qur'an. Jurnal STAIN Curup, 62-63.

Ainin, M. (2016). Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Malang: CV. Bintang Sejahtera.

As-Sunaidi, S. b. (2008). Mudahnya Memahami Al-Qur'an. Jakarta: Pustaka Daarul Haq.

Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: KENCANA.

Devianty, R. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyyah, 24, No.2.

Emzir. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Depok: Rajawali Pers.

Fachrudin, Y. (2017). Pembinaan Tahfidz Al-Qur'an di Pesantren Tahfidzh Daarul Qur'an Tangerang. Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani Tangerang, KOORDINAT Vol. XVI No.2.

Firmansyah, W. (2020). Pedoman Penulisan dan Penyusunan Skripsi FKIP UNIDA. Bogor: UNIDA PRESS.

Futuhy, F. (1990). Tadris al-Lughoh al-Arabiyyah fi al-Marhalah al-Ibtidaiyyah. Dar al-Andalus.

Hadiansyah, S. (2018). Hubungan Kemampuan Bhs. Arab terhadap Prestasi Menghafal Al-Qur'an Santri kelas 3 MA. Skripsi. Fakultas Tarbiyyah dan Ilmu Keguruan, PAI, IAIN Salatiga, Salatiga. 15.

Hemawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Izzan, A. (2015). Metodologi Pebelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.

Kadir, A. (2020). Belajar Komunikasi Berbahasa Arab bagi Pemula dan Lansia. Yogyakarta: Deepublish.

Munir. (2016). Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab. Jakarta: Kencana.

Muradi, A. (2015). Pembelajaran Menulis Bahasa Arab Perspektif Komunikatif. 15.

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Panca Terra Firma.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Rusydi, Ahmad (2004). Al-Maharaat al-Lughawiyyah. Darelfikri Arabi.

Singgih. (2010). Statistik Nonparametrik. Jakarta: PT. Alex Media Kompitudo.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: KENCANA.

Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tanzeh, A. (2011). Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.

Wahid, W. A. (2013). Cara Cepat Menghafal Al-Qur'an. Jogjakarta: Diva Press.

Yulianti, L. (2018). Korelasi antara kemampuan Berbahasa Arab dengan Membaca Al-Qur'an.

Zubaidillah, H. (2018). Hubungan Kemampuan Bahasa Arab dengan Prestasi Hafalan Al-Qur'an. Jurnal STIQ Amuntai, STIQ Amuntai, Hulu Sungai Utara.