Pembelajaran Bahasa Arab melalui Teknik Flashcard untuk Meningkatkan Kosakata Siswa Kelas VII MTs Al-Muchtari Cimande

Authors

  • Silma Anjani Sisil Universitas Djuanda
  • Radif Khotami Rusli Universitas Djuanda
  • Tb. Bay Amri Hakim Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i1.3623

Keywords:

Model Pembelajaran Bahasa Arab, Kosakata, Flash Card

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan pentingnya pembelajaran dalam peningkatan penguasaan pada kosakata bahasa Arab menggunakan teknik flashcard. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain posttest only. Data yang dikumpulkan memakai teknik observasi, dokumentasi, serta soal posttest. Hasil akhir penelitian ini disimpulkan bahwa pada uji normalitas hasil post-test peningkatan kemampuan kosakata bahasa Arab berdistribusi normal. Sesudah diketahui bahwa tingkat kenormalan data, selanjutnya adalah dilaksanakan uji homogenitas. Hasil post-test peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa dapat disimpulkan bahwa varian kelas eksperimen dan kelas kontrol homogen. Dan yang terakhir adalah penilaian hasil analisis uji-t terhadap meningkatnya penguasaan kosakata siswa dapat diartikan bahwa ???????? diterima karena terdapat peningkatan penguasaan kosakata dengan memakai pembelajaran bahasa Arab lewat teknik flashcard. Maka dapat dinyatakan bahwa data hasil posttest berdistribusi normal dan hasil posttest bisa disimpulkan dengan memakai teknik flashcard pada pembelajaran bahasa arab dapat menaikkan kemampuan kosakata siswa dan siswi kelas VII MTs Al-Muchtari Cimande-Bogor.

Author Biographies

Silma Anjani Sisil, Universitas Djuanda

Pendidikan Bahasa Arab

Radif Khotami Rusli, Universitas Djuanda

Pendidikan Bahasa Arab

Tb. Bay Amri Hakim, Universitas Djuanda

Pendidikan Bahasa Arab

References

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. PT.Raja Gravindo Persada.

Hartati, N. (2017). Statistika untuk Analisis Data Penelitian. Pustaka Setia.

Matsna, M. (2014). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. UIN PRESS.

Nuha, U. (2012). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Diva Press.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Metode Penelitian.

Wekke, I. S. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. CV.Budi Utama.

Downloads

Published

2021-01-25

How to Cite

Sisil, S. A., Rusli, R. K., & Hakim, T. B. A. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab melalui Teknik Flashcard untuk Meningkatkan Kosakata Siswa Kelas VII MTs Al-Muchtari Cimande. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 45–60. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i1.3623
Abstract viewed = 115 times