Persepsi Mahasiswa dalam Pemilihan Prodi Bahasa Arab

Yunita Yunita

Abstract


Bahasa Arab merupakan bahasa asing yang belakangan ini banyak ditekuni oleh masyarakat untuk dipelajari dan ditelaah. Salah satunya Universitas Djuanda Bogor yang menerapkan adanya pembelajaran program studi (prodi) bahasa Arab.  Adanya prodi bahasa Arab di Universitas Djuanda Bogor. Para mahasiswa tersebut, memliki persepsi masing-masing terhadap pemilihan prodi bahasa Arab. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi pemilihan prodi bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi naratif. Data yang dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian berupa wawancara dan kertas tes. Melalui penelitian ini diungkap bahwa mahasiswa menunjukkan persepsi yang berbeda dalam pemilihan prodi bahasa Arab. Persepsi mahasiswa terhadap pemilihan prodi bahasa Arab cukup positif disertai dengan minat dan kemampuan dalam pembelajaran bahasa Arab secara aktif.

Keywords


Persepsi, Pembelajaran Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Ahnan, Maftuh. (1999). Metode Belajar Ilmu Sharaf. Surabaya: Terbit Terang.

Bonwell, C.C. (1995). Active Learning: Creating excitement in the classroom. Center for.

Dahlan, Ahmad.Z. (2012). Syarah al-Jurumiyyah. Surabaya: Beirut: Dar al-Khotob al-Alamiyyah.

Dunette. (1976). Keterampilan pembukuan. Jakarta: PT. Grapindo Persada.

Davis, Gordon. B. (1994). Management System Information. Jakarta: Midas Surya Grafindo.

Echols, Hasan. (2010). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ghalayain, Mustafa. (2009). Jami al-Durus al-Arabiyyah. Surabaya: Beirut Dar al-Khotob al-Alamiyyah.

Lester, Crow. & Crow Alice. (1984). Psikologi Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu.

Musbikin, Imam. (2012). Mengatasi Anak Mogok Sekolah dan Malas Belajar. Jogjakarta: Laksana.

Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rodaskarya.

Nadler. (1986). Keterampilan dan Jenisnya. Jakarta: PT. Grapindo Persada.

Robert, Baron. (2005). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Walgito, Bimo. (2004). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offest.

Winardi, J. (2002). Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Robbins, S.P. (2004. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Soegeng, A.Y. (2012). Pengembangan Sistem Pembelajaran. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Sunarto, Agung. H. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Thoimah, Rosydi. A. (1994). Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Kairo: Darul Fikri Al'Arab.

Thomas, J. (1972). The variation of memory with time for information appearing during alecture. Studies in.




DOI: http://dx.doi.org/10.30997/tjpba.v1i2.2796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TATSQIFIY: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA ARAB

P-ISSN 2721-155X | E-ISSN 2721-5121

indexed by:

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright  2020 Universitas Djuanda