Persepsi Mahasiswa dalam Pemilihan Prodi Bahasa Arab

Main Article Content

Yunita Yunita

Abstract

Bahasa Arab merupakan bahasa asing yang belakangan ini banyak ditekuni oleh masyarakat untuk dipelajari dan ditelaah. Salah satunya Universitas Djuanda Bogor yang menerapkan adanya pembelajaran program studi (prodi) bahasa Arab.  Adanya prodi bahasa Arab di Universitas Djuanda Bogor. Para mahasiswa tersebut, memliki persepsi masing-masing terhadap pemilihan prodi bahasa Arab. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi pemilihan prodi bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi naratif. Data yang dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian berupa wawancara dan kertas tes. Melalui penelitian ini diungkap bahwa mahasiswa menunjukkan persepsi yang berbeda dalam pemilihan prodi bahasa Arab. Persepsi mahasiswa terhadap pemilihan prodi bahasa Arab cukup positif disertai dengan minat dan kemampuan dalam pembelajaran bahasa Arab secara aktif.

Article Details

How to Cite
Yunita, Y. (2020). Persepsi Mahasiswa dalam Pemilihan Prodi Bahasa Arab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 113–125. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i2.2796
Section
Articles

References

Ahnan, Maftuh. (1999). Metode Belajar Ilmu Sharaf. Surabaya: Terbit Terang.

Bonwell, C.C. (1995). Active Learning: Creating excitement in the classroom. Center for.

Dahlan, Ahmad.Z. (2012). Syarah al-Jurumiyyah. Surabaya: Beirut: Dar al-Khotob al-Alamiyyah.

Dunette. (1976). Keterampilan pembukuan. Jakarta: PT. Grapindo Persada.

Davis, Gordon. B. (1994). Management System Information. Jakarta: Midas Surya Grafindo.

Echols, Hasan. (2010). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ghalayain, Mustafa. (2009). Jami al-Durus al-Arabiyyah. Surabaya: Beirut Dar al-Khotob al-Alamiyyah.

Lester, Crow. & Crow Alice. (1984). Psikologi Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu.

Musbikin, Imam. (2012). Mengatasi Anak Mogok Sekolah dan Malas Belajar. Jogjakarta: Laksana.

Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rodaskarya.

Nadler. (1986). Keterampilan dan Jenisnya. Jakarta: PT. Grapindo Persada.

Robert, Baron. (2005). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Walgito, Bimo. (2004). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offest.

Winardi, J. (2002). Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Robbins, S.P. (2004. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Soegeng, A.Y. (2012). Pengembangan Sistem Pembelajaran. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Sunarto, Agung. H. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Thoimah, Rosydi. A. (1994). Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Kairo: Darul Fikri Al'Arab.

Thomas, J. (1972). The variation of memory with time for information appearing during alecture. Studies in.