Strategi Belajar Bahasa Arab yang Efektif pada Perguruan Tinggi

Main Article Content

Marinda Yusvida

Abstract

Pembelajaran dan pemerolehan bahasa arab dapat mendorong meningkatkan perkembangan intelektualitas. Namun Pendidikan Bahasa arab Universitas Djuanda yang berasal dari sekolah umum merasa asing dengan tipikal pembelajaran bahasa arab di kelas. Penelitian ini bertujuan mengetahui selera mahasiswa dalam Strategi Belajar Bahasa Arab. Khususnya dalam strategi keterampilan berbahasa. Studi kasus ini menggunakan bentuk kajian campuran antara kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik convenience sampling melalui penyebaran angket yang berbasis digital dan disebarluaskan melalui sosial media. Penelitian ini mengungkap 57,1% mahasiswa lebih dominan memilih cara atau strategi yang lebih efektif dalam belajar bahasa arab dengan berbicara atau praktek langsung.

Article Details

How to Cite
Yusvida, M. (2020). Strategi Belajar Bahasa Arab yang Efektif pada Perguruan Tinggi. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 127–139. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i2.2781
Section
Articles

References

Alfin, J. & Pangastuti, R. (2018). Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing untuk anak usia dini Indonesia. Seminar internasional dan diskusi panel. http://digilib.uinsby.ac.id/30863/3/Jauharoti%20Alfin_Bahasa%20Arab%20sebagai%20bahasa%20asing%20untuk%20anak%20usia%20dini%20Indonesia.pdf

Barlian, I. (2013). Pentingkah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Forum Sosial, 6(1), 1–6.

Diah Rahmawaati As’ari. (2010). Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Tidak Diterbitkan, 19. https://www.google.com/url?url=http://eprints.walisongo.ac.id/355/1/UmiHanik_Tesis_Coverdll.pdf&rct=j&sa=U&ved=2ahUKEwj5v97mmbTaAhVFp48KHTeLCjsQFjAAegQIARAB&q=tesis+umo+hanik&usg=AOvVaw02cL-HLWYFxIrvsfFIkme7

Hendra, F. (2018). Peran Organisasi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(1), 103–120. https://doi.org/10.15408/a.v5i1.7480

Helmanto, F. & Hidayat, A. (2020). Deskripsi Karakter: Pembukaan Populer dalam Cerita Pendek Bahasa Arab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1(1), 11-18

Hendri, M. (2017). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunikatif. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 196. https://doi.org/10.24014/potensia.v3i2.3929

Himam, M., … R. R.-’Arab: J. of A. L. and, & 2017, U. (2017). Tamyiz; Model Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Qur’an. Journal.Unnes.Ac.Id, 6(95), 18–28. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa/article/view/14389

Istima, K., & Takallum, D. A. N. (2011). Strategi pembelajaran bahasa arab aktif (kemahiran. 8(02), 219–235.

Kamarul Shukri Mat Teh, Mohamed Amin Embi, Nik Mohd Rahimi, & Zamri Mahamod. (2010). Hubungan Tahap Motivasi Dengan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Kalangan Pelajar Sekolah Menengah Agama Terengganu. Jurnal Teknologi, 52(Mei), 57–67. http://www.jurnalteknologi.utm.my/index.php/jurnalteknologi/article/view/137

Kuraedah, S. (2015). Aplikasi Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, IAIN Kendari, 8(2), 82–98. https://doi.org/http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/issue/view/46/showToc

Linamalini, M. N., & Kamarul Shukri, M. T. (2014). Kepelbagaian Penggunaan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab (SPBA) Dalam Kalangan Pelajar IPT Kelantan. The Online Journal Of Islamic Education (O-JIE), Special Issue of ICIEd2014, 1–8. https://doi.org/10.1117/1.2837411

Mahyudin, E. (2014). Model Pembelajaran Diskoveri Sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(2). https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1139

Marlina, L. (2016). Efektifitas Metode Langsung Dalam Pengajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 13(2), 211–226. https://doi.org/10.1557

Muhammad, A., Islam, S., Aliyah, M., & Tanggeung, N. (2015). Faktor Demotivasi Pembelajaran Bahasa Arab. Muhammad Asep Saeful Islam, 2(1), 1–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15408/a.v2i1.1511

Muradi, A. (2013). Tujuan Pembelajaran Bahasa Asing (Arab) Di Indonesia. Jurnal Al Maqoyis, I

Muradi, A. (2014). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(1). https://doi.org/10.15408/a.v1i1.1129

Perdana, D. H. (2017). Strategi Penerjemahan Bahasa Arab. 9(1), 143–160.

Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. Lisania: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1. https://doi.org/10.18326/lisania.v1i1.1160

Rohman, F. (2014). Strategi Pengelolaan Komponen Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(1). https://doi.org/10.15408/a.v1i1.1131

Santinah. (2016). Konsep Strategi Pembelajaran Dan Aplikasinya. For Islamic Social Sciences, 1(1), 13–25. www.syekhnurjati.ac.di/jurnal/index.php/holistik

Teh, K. S. M., & Embi, M. A. (2009). Korelasi Strategi dengan Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidik Dan Pendidikan, 24, 109–123.

Wahab, M. A. (2015). Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Posmetode. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(1), 59–74. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1519

Wekke, I. S. (2015). Antara Tradisionalisme dan Kemodernan: Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Minoritas Muslim Papua Barat. Tsaqafah, 11(2), 313. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v11i2.271

Yusri, G., Bahasa, A. P., Rahimi, N. M., Pendidikan, F., Shah, P. M., Pendidikan, F., Wah, W. H., Perubatan, F., Sahrir, M. S., & Islam, U. (2012). Penggunaan Bahasa Arab Lisan Dan Hubungannya Dengan Strategi Pengurusan Sumber Oral Arabic Practice And Its Relationship With Resource Management Strategies. 12(May), 505–520.