Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah

Main Article Content

Siti Susanti

Abstract

Seorang guru dituntut untuk memahami kecerdasan yang dimiliki oleh setiap peserta didik agar terciptanya pembelajaran yang efektif dan efisien sehingga tujuan pembelajaran pun dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan pada peserta didik dengan berdasarkan teori Howard Gardner. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan dalam teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik triangulasi sumber data yaitu penulis mengumpulkan beberapa dokumen berupa teori-teori yang akan memperkuat substansi dari artikel ini. Data penelitian ini diperoleh dari dokumen Silabus dan RPP kelas 4 semester 1/ganjil. Hasil penelitian dari artikel ini yaitu terlihat bahwa kecerdasan verbal-linguistik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan spasial yang lebih unggul ada dalam proses pembelajaran bahasa arab tersebut. Di samping itu terdapat karakteristik dan model pembelajaran yang lebih tepat dengan kecerdasan yang dimiliki oleh setiap peserta didik tersebut. Maka selanjutnya, saran yang ditujukan kepada seorang guru dalam lembaga pendidikan tersebut hendaknya lebih memperkaya pengetahuan tentang kecerdasan yang dimiliki oleh peserta didik itu sehingga peran guru dalam membimbing peserta didik pun menjadi sangat penting dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Article Details

How to Cite
Susanti, S. (2020). Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 57–85. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i2.2777
Section
Articles

References

Abidin, Z. (2017). Pengembangan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) di Madrasah. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 120-131

Agustin, N., Wahyudi, D. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Naturalistik Eksistensial Spiritual. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 37-59.

Ahmad, Z. A. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teori Multiple Intelligences. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1-22.

Aminah, A., Zukhraira, Z., & Hasyim, M. Y. A. (2018). Pengembangan Metode Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Dengan Kooperatif Berbasis Teori Kecerdasan Majemuk Pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Lisanul ‘Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 7(1), 8-16

Bali, M.M.E.I. (2017). Model interaksi sosial dalam mengelaborasi keterampilan sosial. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 4(2).

Dewi, Y. (2015). Penerapan Teori Multi Kecerdasan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Analisis Isi Skripsi Mahasiswa Prodi PBA Stain Batusangkar Tahun 2007-2012). Ta'dib, 18(2), 138-149.

Eviani, D. E. (2015). Pengaruh Kecerdasan Visual-Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fitroini,R. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing untuk Meningkatkan Sikap Mandiri dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Leuwipanjang Bandung (Penelitian Tindakan Kelas Tema 5 Pahlawanku Sub Tema 1 Perjuangan para Pahlawan di Kelas IV SD2015/2016) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Hasibuan, M. I. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 2(01).

Hidayah, N. (2019). Kecerdasan Verbal-Linguistik Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau dari Kemampuan Matematika.

Irvaniyah, I., & Akbar, R. O. (2014). Analisis Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPA MA Mafatihul Huda). Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).

Khilmiyah, A. (2011). Efektivitas bermain balok unit dalam meningkatkan logic smart pada siswa PAUD Sukses Kreatif Sidoarjo (Doctoral dissertation, IAIN Sunan Ampel Surabaya).

Krobo, A. (2014). Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal melalui Kegiatan Bermain Peran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 25-34.

Lailiyah, F. (2016). Meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui corat-coret (doodling) pada anak usia dini yang cenderung bermain gadget (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya)

Muharramah, Y. W. (2019). Strategi Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 8(2), 207-222.

Musfiroh, T., & Teoretis, A. L. (2014). Multiple Intelligences Dan Implikasinya Dalam Pendidikan. Pusdi PAUD. Lemlit UNY, http//multiple-intelegence. com diakses tanggal, 15.

Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. (2012). Model pembelajaran problem solving dengan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Journal of Biology Education, 1(3).

Rosida, I. A. (2018). Korelasi Antara Kecerdasan Intrapersonal Dengan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas Vii MTsN Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018.

Sagala, S. (2008). Silabus Sebagai Landasan Pelaksanaan dan Pengembangan Pembelajaran Bagi Guru Yang Profesional. Jurnal Tabularasa, 5(1), 11-22.

Saufi, M., & Royani, M. (2016). Mengembangkan kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri siswa melalui efektivitas model pembelajaran PBL. Math Didactic, 2(2), 106-115.

Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1).

Suhaimi, I. (2017). Memberdayakan Kecerdasan Kinestetik Anak Untuk Budaya Literasi Bahasa. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(1), 72-90.

Susetya, B. (2017). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP melalui Supervisi Akademik di SDN Gambiran Yogyakarta Tahun 2016. TAMAN CENDEKIA: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(2), 134-141.

Wahyudi, D. (2011). Pembelajaran IPS Berbasis Kecerdasan Intrapersonal Interpersonal dan Eksistensial. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Edisi Khusus, (1).

Wibawa, R. (2016). Penggunaan Pembelajaran Individual Model Pertemuan Kelas dalam Menuntaskan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-c pada Mata Pelajaran IPS-Ekonomi Pokok Bahasan Permintaan dan Penawaran di MTs Yusuf Abdussatar Kediri Lombok Barat. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 1(1), 1-8.

Widhianawati, N. (2011). Pengaruh pembelajaran gerak dan lagu dalam meningkatkan kecerdasan musikal dan kecerdasan kinestetik anak usia dini. Edisi Khusus, (2).

Wijilestari,T.S. (2013). Pengembangan Kemampuan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Anak Kelompok B 1 TK MTA I Kebakkramat Tahun 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Zulfairanatama, G., & Hadi, S. (2013). Kecerdasan Logika-Matematika Berdasarkan Multiple Intelligences terhadap Kemampuan Matematika Siswa SMP di Banjarmasin. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).