Tinjauan Sosiolinguistik terhadap Proses Pembelajaran Bahasa Arab

Main Article Content

Fikni Mutiara Rachma

Abstract

Banyak sekolah atau lembaga pendidikan khususnya yang bernuansa Islam menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa asing yang diprioritaskan untuk dikuasai oleh para peserta didiknya. Tugas pengajar selanjutnya, bagaimana Bahasa Arab yang dipelajari tersebut dapat diterima dan dikuasai namun juga serasi dengan budaya para penutur asli bahasa Arab itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena historis pembelajaran bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa studi pustaka. Studi pustaka berupaya mengumpulkan sejumlah informasi dari sumber pustaka berbentuk dokumem. Hasil penelitian ini mengungkap sosiolinguistik dapat mempelajari ragam bahasa dari sudut pandang pengguna. Penelitian ini dibatasi oleh analisis historis dokumen pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Penelitian ini memungkinkan adanya penelitian lanjutan yang mendalami penggunaan sosiolinguistik sebagai kajian proses pembelajaran bahasa Arab.

Article Details

How to Cite
Rachma, F. M. (2020). Tinjauan Sosiolinguistik terhadap Proses Pembelajaran Bahasa Arab. atsqifiy: urnal endidikan ahasa rab, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i1.2569
Section
Articles

References

Alfin, J., & Pangastuti, R. (2018). Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing untuk Anak Usia Dini Indonesia. Seminar Internasional Dan Diskusi Panel UIN SUNAN AMPEL SURABAYA, 63–78. Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/30863/3/Jauharoti Alfin_Bahasa Arab sebagai bahasa asing untuk anak usia dini Indonesia.pdf

Chaer, A., & Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ekawati, M. (2018). Kesantunan Semu Pada Tindak Tutur Ekspresif Marah Dalam Bahasa Indonesia. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.14421/ajbs.2017.01101

Haryono, A. (2011). Perubahan dan Perkembangan Bahasa: Tinjauan Historis dan Sosiolinguistik. Linguistika, 18(35), 1–9.

Hasanah, M. (2005). Sosiolinguistik dan Pembelajaran Bahasa: Sebuah Kajian Linguistik Edukasional. Lingua: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 3(1).

Hasanah, M. (2011). Urgensi Dan Kontribusi Sosiolinguistik Dalam Linguistik Edukasional. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 2(2), 17–29. https://doi.org/10.18860/ling.v2i2.563

Iskandarwassid, & Suhendar, D. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khasanah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Uregensi Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Indonesia). An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2), 39–54. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.16

Mardikantoro, H. B. (2012). Pergeseran Bahasa Jawa Dalam Ranah Keluarga Pada Masyarakat Multibahasa Di Wilayah Kabupaten Brebes.
Humaniora, 19(1), 43–51. https://doi.org/10.22146/jh.v19i1.890
Maulud, I., Ridwan, & Ohorella, F. (2018). Variasi Bahasa Lisan Pedagang Kaki Lima di Pasar Bastiong. Tekstual, 16(32), 36–45.

Moleong, L. J. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Rosdakarya.

Paramitha, N. P. (2017). Implementasi Pendekatan Sosiolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 6(2), 163–191.

Ridlo, U. (2015). Bahasa Arab dalam Pusaran Arus Globalisasi: Antara Pesismisme dan Optimisme. Ihya Al-’Arabiyah, 1(2), 210–226. Retrieved from http://ejournalpba.org/index.php/ihya/article/view/92

Ulya, N. M. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1–25. https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.1.867

Yusuf, E. B. (2016). Sosiolinguistik dan Penerapannya dalam PBA. TURATS, 6(1). Retrieved from http://ftik.iainpurwokerto.ac.id/wp-content/uploads/2016/05/Sosiolinguistik-dan-Penerapannya-dalam-PBA-oleh-Enjang-Burhanudin.doc

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.