Pembuatan Media Komik Bergambar Untuk Mata Pelajaran Insya’ Kelas 4 KMI di Pondok Modern Ar-Risalah Putri Ponorogo

Authors

  • Qurrotul A'yun a:1:{s:5:"en_US";s:31:"University of Darussalam Gontor";}
  • Nurul Salis Alamin 1Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.30997/tjpba.v5i2.12032

Keywords:

Media, Illustrated Comic, Insya’

Abstract

Insya' adalah materi yang berkaitan dengan belajar Maharah Qira'ah dan Kitabah. Dalam pembelajaran diperlukan sesuatu yang dapat merangsang daya pikir peserta didik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai peserta didik kelas 4C Pondok Pesantren Ar-Risalah Putri Ponorogo belum memenuhi target yang diinginkan. Terutama pada kemampuan menulis insya’ dari judul yang ditentukan. Hal ini disebabkan belum adanya penerapan media pembelajaran khusus selain buku pegangan guru. Sementara itu, komik merupakan salah satu media yang dapat merangsang daya pikir peserta didik. Dengan gambar yang berwarna akan memudahkan mereka dalam menulis esai insya’. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara membuat komik sebagai upaya meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Insya’ menggunakan komik bergambar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian dengan menerapkan media ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penerapan media komik dalam pelajaran Insya' dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, rata-rata hasil ujian siklus I yaitu 6,39, meningkat menjadi 6,55 pada ujian siklus II, ada peningkatan sebesar 2% dan juga dapat meningkatkan keaktifan peserta didik sebesar 24%. dari hasil observasi siklus I 71% menjadi 94% pada observasi siklus II. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media komik bergambar dapat meningkatkan hasil belajar pada materi insya' peserta didik kelas 4C Pesantren KMI Ar-Risalah Putri Ponorogo.

References

Akhiruddin. Belajar dan Pembelajaran. 2019. Gowa: CV.Cahaya Bintang Cemerlang

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2003. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fajriah. Strategi Pembelajaran Maharah Kitabah Pada Tingkat Ibtidaiyyah. Jurnal PIONIR. UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Hamalik, Oemar. 2001. Proses pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Juanda, Anda. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Masqon, Dihyatun. dkk. 2017. Analisis Problematika Pembelajaran Insya’ Arabi at-Tahriri Santri Kelas Lima Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) di Pondok Modern Gontor Dua. At-Ta’dib 12. no.2

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PEDAGOGIA.

Sholikhah, Mar’atus. 2020. Komik Audio Visual Berbahasa Arab untuk Pembelajaran Marahah Kalam. Jurnal HMJ Sastra Arab. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang.

Sofiyah, Siti. 2019. Penggunaan Media Gambar Realitas untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab pada Peserta didik Kelas XI MAN 2 Rembang. Jurnal Maharat Vol.1 No.2. Yogyakarta.

Gumelar. 2014. Comic Making. Jakarta: PT.Indeks.

Henry Clay Lindgren. 1976. Educational Psychology in The Classroom. Toronto: John Wiley & Sons. Inc.

Downloads

Published

2024-07-12

How to Cite

A’yun, Q., & Salis Alamin, N. (2024). Pembuatan Media Komik Bergambar Untuk Mata Pelajaran Insya’ Kelas 4 KMI di Pondok Modern Ar-Risalah Putri Ponorogo. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 71–86. https://doi.org/10.30997/tjpba.v5i2.12032
Abstract viewed = 3 times