Pengaruh Penguasaan Bahasa Arab Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an

Main Article Content

Nurma Maulida
Muhammad Agus Mulyana
Didin Syamsudin

Abstract

Eksistensi manusia sebagai makhluk berbudaya dan beragam ini dilihat dari realitas bahasa dalam kehidupannya. Bahasa arab merupakan ungkapan berupa kalimat-kalimat yang menggunakan huruf hijaiyah yang biasa digunakan oleh bangsa Arab. Al-Qur’an merupakan kalamullah yang diturunkan kepada nabi Muhammad Saw. Melalui malaikat Jibril dan dijadikan sebagai pedoman hidup manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan Bahasa Arab terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an Santri, mempelajari Bahasa Arab dengan baik serta belajar memahaminya akan membantu kita dalam menghafal dan menguasai Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah santri kelas II dengan jumlah sampel 25 santri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, dengan perhitungan skor menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan teknik statistic terdapat pengaruh positif variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 0,081% sedangkan sisanya 99,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Adapun persamaan regresi dari penelitian ini adalah Y= 34,221 + 0,281X yang mana jika penguasaan Bahasa Arab bertambah maka kemampuan menghafal Al-Qur’an santri bertambah

Article Details

How to Cite
Maulida, N., Agus Mulyana, M. ., & Syamsudin , D. . (2024). Pengaruh Penguasaan Bahasa Arab Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 63–70. https://doi.org/10.30997/tjpba.v5i1.11719
Section
Articles

References

Achmad, Z. A., Ruikajat, A., & Wahyuidin, Ui. R. (2022). Peingaruih Meitodei Talaqqi teirhadap peiningkatan Keimampuian meinghafal Al-Quiran peiseirta didik keilas Al-Quiran TPQ Darssalam. Al-Afkar, 5.

Alam, A., & Khotimah, K. (2021). Peiningktan Peinguiasaan kosa kata bahasa Arab meilaluii Gamei Arabic Treiasuirei Huinteir. Muihibbuil Arabiyah, 1.

Alfi, M. Y. (1423). Seibuiah Peindeikatan Linguiistik teirapan uintuik meiningkatkan peinghafalan Al-Quiran Suici: Saran uintuik meirancang keigiatan Prakteik beilajar dan meingajar. Riyadh: Juirnal Peindidikan.

Amin, N. dan N. (2017). Peingaruih Peinguiasaan Bahasa Arab teirhadap keimampuian meinghafal Al-Quiran Mahasiswa seimeisteir II Ma’had Al-Birr Makassar. Juirnal Al- Maraji, 1.

Azwar, S. (2012). Peinyuisuinan Skala Psikologi. Puistaka Beilajar.

Dr. Ahmadi, S.Ag, M. S., & Auilia Muistika, S.Pd.I., M. P. (2020). MEiTODOLOGI PEiMBEiLAJARAN BAHASA ARAB KONVEiNSIONAL HINGGA DIGITAL. Ruias Meidia.

Ghalayaini, M. A.-. (2005). Kitab Jami’ad Duiruis Al-Arobiyah Jilid 1.

Heirmawan, A. (2013). Meitodologi Peimbeilajaran Bahasa Arab (W. Anang, Sholihin (eid.)). PT Reimaja Rosdakarya.

Huinaidui, & Sabai, M. (2019). Peingaruih Peinguiasaan kosakata Bahasa Arab teirhadap keimampuian beirbahasa Arab siswa pondok Daruil Arqam Muihammadiyah Puinnia Pinrang. Al Maraji, 3, 82.

Jaeidi, M. (2019). Peintingnya Meimahami Al-Quiran dan Ilmui Peingeitahuian. RISALAH (Juirnal Peindidikan Dan Stuidi Islam), 5, 66.

Muihammad Yasir, S.Th.I, M., & Adei Jamaruiddin, M. (n.d.). Stuidi Al-Quiran (M. A. Jani Arni, S. Th.I (eid.)).

Ruikajat, A. (2018). Peindeikatan Peineilitian Kuiantitatif. CV BUiDI UiTAMA.

Saptadi, H. (2012). Faktor-Faktor Peinduikuing keimampuian meinghafal Al-Quiran dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseiling. Juirnal Bimbingan Konseiling, 1.

Slameit Riyanto, S. T., M.M dan Dr.Aglis Andhita hatmawan, S.Ei., M. M. (2020). Meitodei Riseit Peineilitian Kuiantitatif Peineilitian di Bidang Manajeimein, Teiknik, Peindidikan dan Eikspeirimein. CV BUiDI UiTAMA.

Suigiyono, P. D. (2019). Meitodei Peineilitian Kuiantitatif Kuialitatif dan RnD. Peineirbit Alfabeita.

Suisianti, C. (2016). Eifeiktivitas Meitodei Talaqqi dalam meiningkatkan keimampuian meinghafal Al-Quiran anak uisia Dini. Tuinas Siliwangi, 2.

UiNIDA, F. (2022). Peidoman Peinuilisan dan Peinyuisuinan Skripsi (M. P. Teiguih Praseityo (eid.)). UiNIDA PREiSS.

Zuibaidillah, M. H. (2018). Huibuingan Keimampuian Bahasa Arab deingan Preistasi Hafalan Al-Quiran. Juirnal Al Mi’yar, 1, 20.

Akhsatia, L. (2021). Strateigi Peimbeilajaran Bahasa Arab. Riaui: DOTPLUiS.

Arikuinto, M. (2020). Proseiduir Peineilitian. Jakarta: Rineika Cipta.

Hanani, N. (2020). Peimbeilajaran Bahasa Arab Konteimporeir. Banduing: Ceindeikia Preiss.

Muinawir, A. (2019). Peindeikatan Sisteim Peimbeilajaran Bahasa Arab. Shouit Al Arobiyah.

Muinir. (2017). Peireincanaan Sisteim Peingajaran Bahasa Arab. Jakarta: Keincana.

Muisli, Y. d. (2017). Meitodologi Peimbeilajaran Bahasa Arab . Jambi: PUiSAKA.