Analisis Pemilihan Konten Buku Silsilah Al-Ta’lim Al-Lughah Al-‘Arabiyah Al-Mustawa Al-Awwal At-Ta’bir Kriteria Rusydi Ahmad Thu’aimah

Main Article Content

Ogi Kurniawan

Abstract

Tujuan dalam penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis pemilihan konten-konten yang digunakan dalam buku silsilah al-ta’lim al-lughah al-‘arabiyah al-mustawa al-awwal at-ta’bir berdasarkan kriteria-kriteria dari Rusydi Ahmad Tu’aimah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis content. Dalam melakukan penelitian, penulis mengolah data dan menyajikan data dengan berfokus pada teori dari Rusydi Ahmad Thu’aimah yang membantu penulis dalam memperoleh data. Hasil dari penelitian adalah didalam buku silsilah al-ta’lim al-lughah al-‘arabiyah al-mustawa al-awwal at-ta’bir disajikan konten yang diawali dengan judul, kosakata baru,ungkapan-ungkapan penting, tarkib, dialog, Latihan-latihan yang berkaitan tentang dialog, teks bacaan, latihan-latihan yang berkaitan tentang teks bacaan. Dan buku ini sesuai dengan kiteria pemilihan konten menurut perspektif Rusydi Ahmad Thu’aimah, yaitu kriteria kebenaran, kepentingan, minat dan kecenderungan, kemampuan siswa, dan universal. Namun pada pada kriteria kepentingan, buku ini menyajikan beberapa materi yang tidak relevan dengan kehidupan siswa, seperti pada topi tentang في مكتب البرقيات (Di Kantor Telegram) karna sudah tidak ada dizaman sekarang ini

Article Details

How to Cite
Kurniawan, O. (2024). Analisis Pemilihan Konten Buku Silsilah Al-Ta’lim Al-Lughah Al-‘Arabiyah Al-Mustawa Al-Awwal At-Ta’bir Kriteria Rusydi Ahmad Thu’aimah. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 49–61. https://doi.org/10.30997/tjpba.v5i1.11500
Section
Articles

References

Ahmad Thu’aimah, R. (1989). ta’limu al-‘arabiyyah lighoiri an-natiqiyna biha mnahijuhu wa asalibuhu.

Amalia, N. (n.d.). Analisis Buku “Ta’lim Al-Lughah Al-Arabiyyah” yang ditulis oleh Dr. D. Hidayat. Penelitian Ilmiah. Jurusan Bahasa Arab.

Di, R., & Thu, A. (2023). ANALISIS BUKU AJAR DURUSULLUGHAH AL-ARABIYAH MENURUT PERSPEKTIF. 11, 1–27.

Hamid, A. (2004). silsilah al-ta’lim al-lughah al-‘arabiyah al-mustawa al-awwal at-ta’bir.

Mabrurrosi, M. (2020). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Karya Dr. D. Hidayat. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(2), 237–257. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v3i2.4016

Mastutik, N. A. P., & Taufiq, M. A. (2021). Analisis Pemelihan Kosakata dalam Buku Ajar Perspektif Rusydi Ahmad Thu ’ aimah. Al-Ittijah: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab, 13(2), 119–132.

Mintowati. (2003). Panduan Penulisan Buku Ajar. Depdikbud.

Mulhendra, M. (2022). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab untuk MI/SD Islam Pustaka Imam Syafi’i Menurut Kriteria Rusydi Ahmad Thu’aimah. Tashfiyatuna: Jurnal Pendidikan Keislaman, 1(01), 56–70. https://tashfiyatuna.stithidayatunnajah.ac.id/index.php/tashfiyatuna/article/view/Artikel_06

Ningrum, Mallevi A., Reza, M, Simatupang, N. D. (2008). Pengembangan Buku Ajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Anak dalam Keluarga.

Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Buku yang digunakan oleh Satuan Pendidikan. Resma, 3(2), 13–22.

Ramah, S., & Rohman, M. (2018). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kurikulum 2013. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 2(2), 141. https://doi.org/10.29240/jba.v2i2.552