Implementasi Penggunaan Media Qr Code untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Maharah Istima’ Kelas X L Man 1 Lamongan

Authors

  • husnul chotimah a:1:{s:5:"en_US";s:24:"UIN Sunan Ampel Surabaya";}
  • Reni Septia Purnamasari 1Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Ahmad Shofiyyul Mubarok 1Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Za’faron Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan

Keywords:

Pembelajaran , Bahasa Arab, QR code

Abstract

Perkembangan revolusi industri mempengaruhi kecanggihan dunia teknologi digital, yang juga berdampak pada sistem pendidikan salah satunya adalah gadget. Bahasa Arab khususnya merupakan mata pelajaran yang sulit dan pembelajarannya akan terasa membosankan jika guru tidak mampu mengikuti perkembangan saat ini. Akibatnya, siswa merasa kurang termotivasi untuk belajar tepatnya pada pembelajaran istima. Oleh karena itu, penelitian ini memandang pentingnya peran guru dalam mengembangkan teknologi pada media pembelajaran untuk meningkatkan daya tarik pembelajaran bahasa Arab agar siswa bisa menerima pembelajaran dengan baik tepatnya pada maharah istima’. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang merinci penerapan metode e-learning menggunakan QR code dalam pembelajaran bahasa Arab tanpa melakukan perhitungan. Dari Hasil penelitian pembelajaran siswa kelas X L dengan metode Barcode pada pembelajaran bab al usroh wal bait tepatnya pada maharah istima’ telah menarik partisipasi dan keaktifan siswa. Tentunya siswa juga lebih senang dan tidak merasa bosan ketika pembelajaran dengan media QR Code.

References

Aflisia, N., & Hazuar, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Komunikatif. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4(1 May), Article 1 May. https://doi.org/10.29240/jba.v4i1.1380

Aghnia R. B. (2021). Pengembangan Modul Relasi dan Fungsi dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis QR Code untuk Siswa SMP [bachelorThesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/58910

Ahmad Khanday, K. (2019). Role of ICT (Information & Communication Technology) in 21st Century’s Teacher Education. International Journal of Advanced Multidisciplinary Scientific Research, 2(1). https://doi.org/10.31426/ijamsr.2019.2.1.1112

Alfianor, A. (2022). Strategi Pengajaran Bahasa Arab di MI RAKHA Amuntai. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), Article 1.

Andriana, K. (2015). URGENSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 1(1), Article 1. https://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/22

Batubara, H. H. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN EFEKTIF.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Fathoni, M. (2018). PEMBELAJARAN MAHARAH ISTIMA’. Ihtimam : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.36668/jih.v1i1.162

Kalsum, U., & Taufiq, M. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Maharah Istima’ melalui Metode Storytelling pada Siswa Kelas X. Journal of Education Research, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.314

Munawarah, R. A. (2019). SPARKOL VIDEOSCRIBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Inspiratif Pendidikan, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.12412

Karsidi, D. R. (2005). Sosiologi Pendidikan. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/2157/Sosiologi-Pendidikan

Oensyar, H. M. K. R., & Hifni, H. A. (2015). Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. https://idr.uin-antasari.ac.id/5220/

Rahman, S. (2022). PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR, 0(0), Article 0. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.52434/jp.v8i1.69

Riandita, L., Sanjaya, R., Muftachina, N., & Anggraeni, D. (2023). IMPLEMENTASI PENGGUNAAN QR CODE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) SALAFIYAH PEKALONGAN. Mozaic : Islam Nusantara, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.47776/mozaic.v9i1.651

Syaifullah, M. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Santri TPA Al-Barokah Hadimulyo Timur Metro Pusat. AT TA’DIB, 11(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v11i2.781

Downloads

Published

2024-07-12

How to Cite

chotimah, husnul, Septia Purnamasari, R. ., Shofiyyul Mubarok, A., & Za’faron. (2024). Implementasi Penggunaan Media Qr Code untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Maharah Istima’ Kelas X L Man 1 Lamongan. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 87–102. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/tatsqifiy/article/view/11163
Abstract viewed = 0 times