Peningkatan Penguasaan Mufrodat Melalui Metode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyah di SD Islam Assuniyah Tulang Bawang Barat

Main Article Content

Nur Rif’atul Mahmudah
Muhammad Sufian
Koderi
Erlina

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yaitu siswa masih kesulitan dalam menghafal pemahaman bahasa Arab. Siswa yang sibuk sendirian, kurang konsentrasi dalam belajar dan kurang menggunakan media pembelajaran yang menarik khususnya pada materi kosakata bahasa Arab mengakibatkan rendahnya kemampuan menghafal kosakata siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk menerapkan metode sam'iyyah wa syafwiyyah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Dapatkah penguasaan bahasa Arab mufrodat ditingkatkan melalui metode As-Sam'iyyah Asy-Syafawiyah pada materi fil baiti di kelas IV SD Islam Assuniyyah Tulang Bawang?”.Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk membuktikan adanya peningkatan penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa melalui metode As-Sam'iyyah Asy-Syafawiyah pada materi fil baiti di kelas IV SD Islam Assuniyyah Tulang Bawang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Berdasarkan bukti berikut, setelah dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode As-Sam'iyyah Asy-Syafawiyah, peningkatan penguasaan mufrodat siswa kelas IV SD Islam Assuniyah mengalami peningkatan. Pada awal sebelum tindakan rata-rata nilai tes siswa hanya 13,3.Kemudian pada siklus I rata-rata nilai tes siswa meningkat menjadi 20. Peningkatan penguasaan membaca bahasa Arab siswa sebesar 23,3%. Pada tindakan siklus II menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai ulangan siswa dari siklus sebelumnya yaitu sebesar 20, dan peningkatan ketuntasan mufrodat meningkat lebih tinggi dari sebelumnya yaitu sebesar 26,6%. Hal ini menunjukkan bahwa Proses pembelajaran dengan menerapkan metode As-Sam'iyyah Asy-Syafawiyah menjadikan siswa lebih aktif dan lebih mudah meningkatkan penguasaan mufrodat. Hal ini juga terlihat dari hasil wawancara dengan siswa.

Article Details

How to Cite
Mahmudah, N. R. ., Sufian, M., Koderi, & Erlina. (2024). Peningkatan Penguasaan Mufrodat Melalui Metode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyah di SD Islam Assuniyah Tulang Bawang Barat. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 35–47. https://doi.org/10.30997/tjpba.v5i1.10775
Section
Articles

References

Abdull Kareem, Omar, and Tai Mei Kin. “An Analysis on the Implementation of Professional Learning Communities in Malaysian Secondary Schools.” Asian Journal of University Education, vol. 17, no. 1, Mar. 2021, p. 192, https://doi.org/10.24191/ajue.v17i1.12693.

Admin, Admin, and Noor Amirudin. “PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” TAMADDUN, Nov. 2017, p. 1, https://doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.66.

Amalia, Dahlia, and Afifatu Rohmawati. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B DI Paud Al-Madaniy Gondanglegi-Malang.” Jurnal LIngkup Anak Usia Dini, vol. 1, 2020.

Barteit, Sandra, et al. “Evaluation of E-Learning for Medical Education in Low- and Middle-Income Countries: A Systematic Review.” Computers & Education, vol. 145, Feb. 2020, p. 103726,

https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103726.

Erro-Garcés, Amaya, and José A. Alfaro-Tanco. “Action Research as a Meta-Methodology in the Management Field.” International Journal of Qualitative Methods, vol. 19, Jan. 2020, p. 160940692091748, https://doi.org/10.1177/1609406920917489.

Fayruza, Aida Zavirah, and Adinda Bunga Putri Yodhi. “Literasi Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Media Pembelajaran Komik Untuk Siswa Tingkat Sd/Mi.” Inovasi Media Pembelajaran Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, vol. 2, no. 1, 2018, pp. 619–31.

Hidayah, Nurul Latifah. “Metode Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Al-Qiro`Ah (Ketrampilan Membaca) Bahasa Arab Dengan Cara Membaca Di Depan Kelas Dan Ditirukan.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI, 2020, pp. 246–53, http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/700.

Hijriyah, Umi, et al. “Arabic Learning Media Based on Smart Apps Creator for Students of Islamic Junior High School.” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, vol. 9, no. 2, 2022, pp. 217–30, https://doi.org/10.15408/a.v9i2.27586.

Hosang, Nooke J., and Sandra Rakian. “Analisis Kesulitan Belajar Goi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang.” Kompetensi, vol. 3, no. 8, 2023, pp. 2502–09, https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i8.7499.

Kaplan, Lennart, et al. “Do No Harm? Field Research in the Global South: Ethical Challenges Faced by Research Staff.” World Development, vol. 127, Mar. 2020, p. 104810, https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2019.104810.

Mochamad Afroni. “METODE SAM’IYAH SAFAWIYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” Al-Lahjah, vol. 2, no. Vol. 2 No. 1 (2019): Januari, 2019.

Mustafa, Mustafa. “Dinamika Metode Pembelajaran Bahasa Arab.” Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, vol. 1, no. 2, Jan. 2021, p. 56, https://doi.org/10.36915/la.v1i2.17.

Oyedotun, Temitayo Deborah. “Sudden Change of Pedagogy in Education Driven by COVID-19: Perspectives and Evaluation from a Developing Country.” Research in Globalization, vol. 2, Dec. 2020, p. 100029, https://doi.org/10.1016/j.resglo.2020.100029.

Pakihun, M., et al. “Problematika Pembelajaran Qiro’ah Untuk Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Aur Duri Sumani Solok.” Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, vol. 3, no. 2, Oct. 2021, https://doi.org/10.18196/mht.v3i2.10883.

Rahman, Anwar Abd. “Keterampilan Membaca Dan Teknik Pengembangannya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Diwan : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, vol. 3, no. 2, 2018, p. 155, https://doi.org/10.24252/diwan.v3i2.4602.

Rohman, Abdul. “Bahasa Arab Dan Problematika Pembelajarannya.” Jurnal Sanaamul Qur’an, vol. 3, no. 1, 2022, pp. 15–28.

Syah, Imas Jihan. “Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing Terhadap Anak Usia Dini.” JCE (Journal of Childhood Education), vol. 2, no. 1, 2019, https://doi.org/10.30736/jce.v1i2.14.

White, Robert E., and Karyn Cooper. “Action Research.” Qualitative Research in the Post-Modern Era, Springer International Publishing, 2022, pp. 387–439, https://doi.org/10.1007/978-3-030-85124-8_10.

Wulandari, Martina. “Problematika Pebelajar Bahasa Arab Anak Usia 7 Sampai 13 Tahun.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, vol. 7, no. 2008, 2019, pp. 564–67.