Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

Authors

  • Muhammad Rizki Maulana Putra a:1:{s:5:"en_US";s:19:"Universitas Djuanda";}
  • Agung Mutaqqien
  • Abdul Kholik

Keywords:

Faktor-faktor Mahasiswa, Keterampilan Berbicara Bahasa Arab, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui fenomena proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Djuanda, dan mengidentifikasi apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat mahasiswa dalam proses belajar dan latihannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menemukan fakta bahwa terdapat upaya dosen, mahasiswa, dan Program Studi dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab. Dalam faktor pendukung, terdapat faktor internal dan eksternal, begitupun dalam faktor penghambat. Dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa faktor pendukung dalam keterampilan berbicara bahasa Arab memiliki keunggulan daripada faktor penghambat.

References

Asiyah, N. (2013). Problematika Pembelajaran Maharah al-Kalam pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas V Madrasah Ibtidaiyyah Ma’arif Giriloyo II Tahun Pelajaran 2012/2013. 1–23.

al-Fauzan, A. (1425 H). Durus al-Daurat al-Tadribiyah li al-Mu’allim al-Lughah al-'Arabiyah li Ghairi Nathiqin Biha (Mu’assasah al-Waqf al-Islami).

Fajri, R. A. S. (2015). Problematika Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Akademik 2014 - 2015. 1, 1–27.

Kunaefi, T. D. (2008). Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi (Sebuah alternatif penyusunan kurikulum). Direktorat Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Kuswoyo. (2012). Konsep Dasar Pembelajaran Maharah Al-Kalam. An-Nuha : Jurnal Kajain Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 37, 1–10. http://ejournal.staimadiun.ac.id/index.php/annuha/article/view/137

Mori, R. P., & Dkk. (2017). Problematika Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi. Pendidikan Bahasa Arab FIB UNJA, 9(2), 68.

Noor, F. (2018). Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 2.1.

PAMUJI, S. &. (2021). Keterampilan Berbahasa. Guepedia.

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya.

Sauri, S. (2020). Sejarah Perkembangan Bahasa Arab Dan Lembaga Islam di Indonesia. INSANCITA: Journal of Islamic Studies in Indonesia and Southeast Asia, 5(1), 73–88.

Susanti, E. (2019). Keterampilan Berbicara.

Taufik. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab MI.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-07-12

How to Cite

Maulana Putra, M. R., Agung Mutaqqien, & Abdul Kholik. (2024). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 113–123. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/tatsqifiy/article/view/10392
Abstract viewed = 2 times