PERAN MAHASISWA DALAM MEMBANTU ADAPTASI TEKNOLOGI PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5 DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Wida Oktaviani

Abstract

Program Kampus Mengajar adalah salah satu bagian dari program kampus merdeka yang bertujuan untuk membantu sekolah memajukan pendidikan di Indonesia. Membantu pihak sekolah dalam adaptasi teknologi menjadi salah satu kegiatan yang ada pada program tersebut. Adaptasi teknologi dalam pembelajaran sangat penting dilakukan dalam menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat dari tahun ke tahun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi. Penelitian dilakukan di SD Negeri Mulyaharja 1 Kecamatan Bogor Selatan provinsi Jawa Barat. Subyek dalam penelitian ini yaitu semua yang berhubungan dengan pelaksanaan adaptasi teknologi di SD Negeri Mulyaharja 1 yaitu para siswa, kepala sekolah, dan guru. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan observasi selama satu minggu di awal penugasan, dari hasil observasi kami melakukan perancangan program kerja dengan berkoordinasi bersama kepala sekolah sekaligus guru pamong, para guru, dan dosen pembimbing lapangan, kemudian pelaksanaan program kerja adaptasi teknologi yang dilaksanakan di SD Negeri Mulyaharja 1 yaitu, pendampingan pengorganisasian penggunaan laptop, pelatihan penggunaan microsoft office word, TPACK dalam pembelajaran (Technological Pedagogical Content Knowledge), sosialisasi bijak menggunakan media sosial dan gadget.

Article Details

How to Cite
Oktaviani, W. (2023). PERAN MAHASISWA DALAM MEMBANTU ADAPTASI TEKNOLOGI PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5 DI SEKOLAH DASAR. Karimah Tauhid, 2(5), 1916–1923. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9648
Section
Articles

References

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210-219.

Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka. In Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Content/Uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020

Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembnag, 125–129.Far-Far, G. (2021).

Khairiyah, D., Sumarlan, A., Fitria, D., & Fauzi, Y. (2022). Peran Mahasiswa Dalam Membantu Literasi, Numerasi, Administrasi Dan Adaptasi Teknologi Di SD Negeri 73 Kota Bengkulu Melalui Program Kampus Mengajar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(2), 394-402.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit ALFABETA Bandung.

Sintawati, M dam Fitri Indriani. (2019). Pentingnya Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN): ISSN 2714-5972. Daerah Istimewa Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. Diakses dari: http://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1355

Yektyastuti, R., Ramdani, M. R. , Gunadi, G., Mawardani, A., Nurohmah, R. (20)Post-Pandemic Covid-19 Analysis: The Effect of Distance Learning Toward Learning Loss in Primary School. Al Islah Jurnal Pendidikan, 15 (2), 1645-1652.https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.3066

Prasetyo, T., Yektyastuti, R., Maulid ini, Y. D. (2020). Pengaruh Literasi Terhadap Technological Pedagogi calon Content Knowledge (TPACK) Guru. Jurnal Improvement, 6 (1), 13-20.

Most read articles by the same author(s)