PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL STEAM

Main Article Content

Siti Sayidah Napisah

Abstract

Pembelajaran STEAM merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk berpikir dan bereksplorasi dalam memecahkan masalah bagi peserta didik, dimana dalam proses pembelajarannya dilakukan dengan mengkolaborasikan seperangkat ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, seni dan matematika agar dapat mengembangkan keterampilan dan kemampuan dari peserta didik yang nantinya akan dibutuhkan di masa depan, karena hal ini sejalan dengan perkembangan zaman yang semakin pesat  dan membutuhkan inovasi pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Namun di Indonesia sendiri hingga saat ini, masih belum banyak sekolah khususnya sekolah dasar yang menggunakan atau menerapkan model pembelajaran STEAM tersebut. Karena, belum semua guru mengetahui dan memahami secara mendalam mengenai model pembelajaran STEAM ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui, menganalis serta mengkaji mengenai persepsi atau tanggapan guru sekolah dasar terhadap implementasi pembelajaran STEAM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model STEAM ini mendapatkan respon yang baik dari guru dan sangat cocok untuk diterapkan ke dalam pembelajaran agar lebih menarik dan inovatif, akan tetapi masih banyak guru di sekolah dasar yang belum mengetahui mengenai pembelajaran menggunakan model STEAM.

Article Details

How to Cite
Napisah, S. S. (2023). PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL STEAM. Karimah Tauhid, 2(5), 2164–2173. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9599
Section
Articles

References

Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(3), 375–385. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Arsy, I., & Syamsulrizal, S. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK. Biolearning Journal, 8(1), 24–26. https://doi.org/10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.1019

Humaira & Sya. (2021). Penguatan Literasi Siswa Melalui Story Telling Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Karya Abdi, 5(3), 547–552. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/16315

Lathifah, Z. K., Adri, H. T., Utami, I. I. S., Sya, M. F., & Uslan. (2021). Analysis of the Effectiveness of Blended-Based Classroom Management During the Covid-19 Pandemic. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 147–162. https://doi.org/10.30997/dt.v8i2.4557

Rohman, A. D., Musa, M. M., Falkhah, A. N., & Annur, A. F. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis STEAM terhadap Peningkatan Keterampilan Siswa MI/SD di Era Abad 21. Ibtida’, 3(1), 48–58. https://doi.org/10.37850/ibtida.v3i1.285

Sa’ida, N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran STEAM pada Pembelajaran Daring. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(2), 123–128. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p123-128

Suciptiati, E., Bisri, H., & Sya, M. F. (2019). Increasing Participation and Results of Ips Learning. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 27.

Sya, M. F. (2015). REVIEW THE IMPROVEMENT OF NARRATIVE ESSAY WRITING ABILITY THROUGH PEER REVIEW MATERI DAN METODE Metode Penelitian. 2(2), 96–107.

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348