Pendidikan dengan Basis Teknologi Sebagai Inovasi Baru dalam Pembelajaran Pasca Pandemi

Main Article Content

Laila Nabilatu Rohmah

Abstract

Sistem konvensional dalam proses pembelajaran dirasa kurang efektif karena laju progresnya yang lambat dan tidak sejalan dengan perkembangan IT. Sistem pendidikan di abad ini perlu sebuah upaya moderat dengan teknologi yang memungkinkan mereka belajar lebih cepat, lebih baik, dan lebih pintar, dan Teknologi Informasi adalah kunci untuk model pendidikan masa depan yang lebih baik. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini mengkaji hubungan pendidikan dan teknologi pasca pandemi dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang berbasis pada pendekatan telaah pustaka. Adapun fokus penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pendidikan dan teknologi menjadi salah satu cara pembelajaran yang inovatif pasca pandemi. Sehingga, didapatkan sebuah temuan dalam dunia Pendidikan perlu adanya pemahaman baru yang harus mengikuti perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi yang diterapkan dalam pembelajaran merupakan inovasi baru guna mengubah proses pembelajaran, sehingga peserta didik lebih dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya menyesuaikan dengan zaman. Oleh karena itu, perubahan sistem pembelajaran dengan berbasis teknologi menjadi sebuah inovasi baru pasca pandemi yang dirasa sangat relevan sesuai dengan kebutuhan zaman. Sebab transformasi digitalisasi dalam dunia pendidikan akan menawarkan kemudahan serta sifat praktisnya membantu manusia di zaman saat ini serta pendidikan berbasis teknologi sangat relevan di dunia pendidikan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang sesuai dengan zamannya.

Article Details

How to Cite
Rohmah, L. N. (2023). Pendidikan dengan Basis Teknologi Sebagai Inovasi Baru dalam Pembelajaran Pasca Pandemi. Karimah Tauhid, 2(2), 456–466. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i2.7936
Section
Articles

References

Afandi, Muhamad, Evi Chamalah, and Oktarina Puspita Wardani. 2013. 180 Computer Physics Communications Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. UNISSULA PRESS.

Ali, Maksum dan Happy Fitria. 2021. “Transformasi Dan Digitalisasi Pendidikan Dimasa Pandemi.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: 121–27.

Asmawi, Syafei, and Muhammad Yamin. 2019. “Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 3: 50–55.

Asmuni, Asmuni. 2020. “Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya.” Jurnal Paedagogy 7(4): 281.

Guo, Ruth Xiaoqing, Teresa Dobson, and Stephen Petrina. 2008. “Digital Natives, Digital Immigrants: An Analysis of Age and ICT Competency in Teacher Education.” Journal of Educational Computing Research 38(3): 235–254.

I Ketut Sudarsana, Janner Simarmata, I Putu Hendra Yogi Swasgita, Ni Putu Suciati, I Made Rudiadnyana, Kartika Buana RN, Pande Komang Novi Anggreni. 2019. Teknologi Dan Aplikasinya Dalam Dunia Pendidikan.

Lathifah, Zahra Khusnul et al. 2022. “Analysis on the Impact of the MBKM Program on Improving the Competence of Teacher Training Students: A Study of Student Perceptions of the Teacher Training and Education Faculty.” Jurnal Paedagogy 9(3): 354.

Moore, Joi L., Camille Dickson-Deane, and Krista Galyen. 2011. “E-Learning, Online Learning, and Distance Learning Environments: Are They the Same?” The Internet and Highe Education 14(2): 129–35.

Nazir, Muhamad. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nursyam, Aisyah. 2019. “Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan 18(1): 811–19.

Octavia Rahmawati, Nanda, Mega Febrianisya, and Daningsih Kurniasari. 2022. “Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Pecahan Campuran Siswa Kelas Tinggi Di Masa Pandemi COVID-19.” Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 3(2): 147–56.

Pristiwanti, Desi, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, and Ratna Sari Dewi. 2022. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4: 1707–15.

Putra, Aji Permana, and Hema Malini. 2022. “Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Saat Dan Pasca Pandemi Covid-19.” Intersections 7(1): 39–47.

Schwab, Klaus. 2019. Revolusi Industri Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Suciati, Suciati. 2018. “Employing Digital Learning for Fostering Innovative Creativity.” Jurnal Pendidikan 19(2): 145–54.

Tim Pendidikan Jarak Jauh. 2012. Undang-Undang Perguruan Tinggi. Indonesia: Undang-Undang Perguruan Tinggi.

Verawardina, Unung et al. 2020. “Reviewing Online Learning Facing The Covid-19 Outbreak.” Talent Development & Excellence 12.