Media Flash Card untuk Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

Authors

  • Natasya Azzahra Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i2.7852

Keywords:

Media Flashcard, Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media flashcard terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa pada jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Cicurug. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One Group PretestPosttest. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media flashcard sedangkan variabel terikatnya adalah penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa pada jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Cicurug. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi kegiatan proses belajar, tes (pretest-posttest) dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas deskripsi data, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil uji reliabilitas instrumen pretest diperoleh 0,926 dan hasil uji reliabilitas instrumen posttest diperoleh 0,791. Dari analisis data diperoleh uji normalitas Shapiro-wilk dari data pretest 0,501 dan posttest 0,087. Maka kedua data tersebut diperoleh data normal. Dari teknis analisis data nilai mean pretest 60,00 dan nilai mean posttest 82,50. Hasil uji One Sample t-test diperoleh nilai thitung > ttabel atau 17,542 > 2,262 dan hasil sig (2-teiled) < ttabel atau 0,000 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pengaruh media flashcard terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa pada jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Cicurug.

References

Arikunto. 2010. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.” Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriyani, Eka, and Putri Zulmi Nulanda. 2017. “Efektivitas Media Flash Cards Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris.” 4(2): 167–82.

Hotimah, Empit. 2010. “Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut 04(01): 10–18. www.journal.uniga.ac.id.

Juliani, silfi Eka. 2014. “Efektifitas Permainan „Im Drierpack‟ Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu | Perpustakaan.Upi.Edu.” : 6–26.

Marlianingsih, Noni. 2016. “Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Media Audio Visual ( Animasi ) Pada Paud.” 3(2): 133–40.

Nursalam. 2013b. “Penggunaan Media Flash Card Dalam Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Kuncup Melati I Grogol VIII, Parangtritis, Bantul.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Rizki Ayu Fatimah Ridwan. 2018. Efektivitas Penerapan Pendekatan Savi Setting Cooperative Script Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Ix SMP Negeri 33 Makassar.

Sekarini, Wining. 2018. “Penggunaan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Muhammadiyah 01 Sukarame.” 10(2): 1–15.

Talizaro Tafonao. 2018. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” 2(2).

Wulansari, Eva. 2014. “Keefektifan Penggunaan Media Flashcard Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Di SMA Negeri 1 Sedayu Bantul.” 6(4)

Nurani, A. F., Febriani Sya, M., & Yektyastuti, R. (n.d.). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris dengan Menggunakan Picture Series EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PICTURE SERIES DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA THE EFFECTIVENESS OF USING PICTURE SERIES IN IMPROVING STUDENTS’ ENGLISH VOCABULARY.

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Azzahra, N. (2023). Media Flash Card untuk Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(2), 517–521. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i2.7852
Abstract viewed = 72 times