TUJUAN MANAJEMEN SEKOLAH

Main Article Content

Farah Anisa
Anne Effane

Abstract

Negara maju ditunjukkan melalui kualitas sumber daya manusianya yang dihasilkan melalui pendidikan. Indonesia sebagai salah satu negara yang jumlah penduduknya terbesar di dunia sedang menuju menjadi negara besar dan maju melalui pendidikan. Perubahan sistem pemerintahan dari sentralisasi menjadi desentralisasi atau lebih dikenal dengan otonomi daerah memberi harapan besar bagi setiap lembaga pendidikan formal atau sekolah untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitasnya sesuai dengan kondisi sekolah. Dengan mengadopsi pola manajemen di negara barat, school-based management yang lebih dikenal dengan manajemen berbasis sekolah dan disesuaikan dengan kondisi negara Indonesia, diharapkan mampu memberi kebebasan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas seluruh program kegiatan yang ada di sekolah, tanpa menunggu perintah dari pemerintah pusat ataupun daerah.

Article Details

How to Cite
Farah Anisa, & Effane, A. (2023). TUJUAN MANAJEMEN SEKOLAH. Karimah Tauhid, 1(1), 80–83. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.7720
Section
Articles

References

athurrochman, I., Puja Adilah, Amilia Anjriyani, & Aris Yudha Prasetya. (2022). PENGELOLAAN MANAJEMEN SEKOLAH YANG EFEKTIF. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Pratiwi, S. N. (2016). MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SEKOLAH. Jurnal EduTech.

Sumarto. (2018 ). MANAJEMEN SEKOLAH: WUJUDKAN GURU PROFESIONAL. Jurnal Ilmu Pendidikan.