Desentralisasi Manajemen Pembiayaan Dan Konflik Dalam Mahalnya Biaya Pendidikan

Main Article Content

Sefhia Naila
Anne Effane

Abstract

    Desentralisasi pendidikan memberikan peluang dampak kesenjangan di pembiayaan pendidikan sehingga pada akhirnya dapat menimbulkan disparitas mutu. Otonomi daerah yang dilaksanakan sejak tahun 2001 membawa perubahan besar dalam pengelolaan pendidikan. Itulah sebabnya pembiayaan pendidikan menjadi komponen terpenting dalam penyelenggaraan pendidikan. Di era otonomi daerah, urusan pendidikan dari tingkat TK hingga SMA menjadi tanggung jawab daerah dan masa depan pendidikan sangat tergantung pada kemampuan pemerintah daerah dalam mengelola sektor pendidikan. Namun sayangnya pelaksanaan otonomi pendidikan yang di lakukan oleh pemerintah daerah belum berjalan sepenuh nya karena keterbatasan anggaran, terdapat banyak faktor yang mempengaruhinya.


   Otonomi Pendidikan dapat meningkatkan efisiensi manajemen dan kepuasan kerja tenaga pendidikan serta menciptakan suatu sistem pendidikan dengan kebijakan-kebijakan yang konkret, sumber daya pendidikan dapat didayagunakan secara optimal, dapat menggali potensi lokal secara lebih efektif, dapat mengelola sistem pendidikan yang sejalan dengan kebudayaan setempat, serta partisipasi masyarakat dalam pendidik an meningkat, akuntabilitas juga meningkat, dan pada gilirannya mutu pendidikan dapat terjamin. Dengan otonomi pendidikan, maka efek positif yang muncul adalah terjadinya perbaikan pendidikan di tingkat lokal, efisiensi administrasi, efisiensi keuangan, dan terwujudnya pelayanan pendidikan berkualitas serta sebagai instrumen vital dalam menghadapi tantangan dunia pendidikan.

Article Details

How to Cite
Sefhia Naila, & Effane, A. (2023). Desentralisasi Manajemen Pembiayaan Dan Konflik Dalam Mahalnya Biaya Pendidikan. arimah auhid, 1(1), 84–89. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.7715
Section
Articles

References

Rahma Setyawati, Pembiayaan Pendidikan, Jurnal Pendidikan Islam, Ikatan Mahasiswa Pascasarjana Dirjen pendidikan Islam Departemen Agama RI dengan PPs Universitas Islam Negeri Sunan kalijaga yogyakarta,Vol.2.No 1 Januari-April 2009.

Tilaar, H.A.R 2004. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta : Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. 2008. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung : PT Alfabeta.

Supriyadi, Dedi. 2004. Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Musaheri, Membangun Otonomi Pendidikan Bermutu. Makalah Seminar

Tahun 2001.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

_______. (2000). “Paradigma Baru Pengelolaan Pendidikan di Daerah Dalam Rangka Desentralisasi Pendidikan”. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional tentang Strategi Manajer Pendidikan di Daerah Dalam Menghadapi Kebijakan Desentralisasi Pendidikan , diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia, di Bandung tanggal 17-18 Juli 2000