Fenomena Fashion Thrift Dikalangan Mahasiswa Fisipkom Unida sebagai Bentuk Mengekspresikan Diri

Main Article Content

Bayu Agustian Rahman
Muhammad Supriatno
Muhammad Ripjan
Sekar Trikesumawardani
Siti Fitriah Nursita Nursita
Maha Raisha Diviana
Ahmad Rafi Fauzi

Abstract

Pada zaman modern saat ini, thrifthing sudah menjadi fashion di kalangan mahasiswa. Thrift merupakan kegiatan membeli barang bekas dengan harga yang murah mengikuti keinginan masing-masing. Sedangkan fashion merupakan bentuk komunikasi artifaktual, yaitu komunikasi yang berlangsung dari artefak, seperti busana, dandanan, barang perhiasan, dan hal itu membentuk komunikasi nonverbal. Dari latar belakang tersebut, peneliti ingin meneliti mengenai fenomena fashion thrift dikalangan mahasiswa sebagai bentuk mengekspresikan diri dari berbagai sudut pandang. Dengan begitu terdapat tujuan yang ingin diperoleh yaitu mengetahui bagaimana pandangan mahasiswa tentang fenomena thrifting yang sedang marak saat ini, mengetahui kelayakan berpakaian gaya thrifting di zaman sekarang dari sudut pandang mahasiswa dan tentunya mengetahui bagaimana mahasiswa mengekspresikan dirinya terhadap gaya berpakaian thrift. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu dengan cara melakukan observasi yang langsung turun mengamati aktivitas mahasiswa mengenai fenomena thrift dan melakukakan wawancara mendalam terhadap lima narasumber yang sudah kita pilih sesuai dengan kriteria data yang kita butuhkan guna mendapatkan data primer dan data sekunder juga diambil lewat dokumentasi guna melengkapi data dan informasi yang sudah didapatkan dari data primer. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan memilih narasumber sesuai dengan kriteria yang sesuai guna mendapatkan data yang valid dan akurat, dengan melakukan analisis data menggunakan analisis kualitatif. Adapun hasil yang telah didapat dari penelitian ini bahwa dalam kegiatan trifting tentunya menimbulkan pandangan baru atau makna dari masing-masing alasan serta tujuan fashion thirifting baik itu bagi penjual maupun pemakai yaitu thrifting sebagai gaya hidup, thrifting sebagai hobi, thrifting sebagai motif usaha dan faktor ekonomi.


 


Kata kunci: ekspresi diri, fashion, fenomena thrifthing, komunikasi nonverbal

Article Details

How to Cite
Rahman, B. A., Supriatno, M., Ripjan, M., Trikesumawardani, S., Nursita, S. F. N., Diviana, M. R., & Fauzi, A. R. (2023). Fenomena Fashion Thrift Dikalangan Mahasiswa Fisipkom Unida sebagai Bentuk Mengekspresikan Diri. Karimah Tauhid, 2(1), 100–110. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7649
Section
Articles

References

Fauzan, K. R. (2020). Kualitatif Interpretatif Merleau Ponty Dalam Fenomena Perkembangan Fashion Remaja di Indonesia. Jurnal Publisitas , 6.

Featherstone, M. (2001). Posmodernisme dan Budaya. Jakarta: Pustaka pelajar.

Ghilmansyah, R. N. (2021). Fenomena Thrifting sebagai gaya hidup milenial Bogor. Jurnal Nomosleca, 8.

Gulo. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.

Hendariningrum, R. (2008). Fashion dan Gaya Hidup : Identitas dan Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11.

Herdiansyah. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Lincoln, N. (2009). Handbook of Qualitative. Sage Publication, Inc, 34.

Moeleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana. (2004). Metologi Penelitian Kualitatif : Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Ssosial Lannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Olivia, M. K. (2013). Analisa Gaya Hidup Remaja Dalam Mengimitasi Budaya Pop Korea Melalui Televisi. Journal Acta Diuma Vol II/No.2/2013.

Plumer, R. (1983). Life Span Development Psycology: Personality and Socialization. New York: Academic Press.

Pratiwi, M. R. (2019). Komunikasi Non Verbal Anak Autis pada Masa Adaptasi Pra Sekolah. Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah, 8.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarafa, D. A. (2020). Fashion Sebagai Komunikasi Identitas Sosial Mahasiswa Fisip Universitas Bengkulu. Jurnal Kangaga, VOL.4 NO. 2, 5.

Trisnawati, T. Y. (2011). Fashion sebagai Bentuk Ekspresi Diri dalam Komunikasi. The Mesengger, Volume III, Nomor 1, 17.

Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi.