Pengaruh Bahasa Gaul pada Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Siswa Sekolah Bogor

Authors

  • Pelita Bayhaqi Al Ansor Universitas Djuanda
  • Ummu Atiya Zahro Universitas Djuanda
  • Dina Mawar Iswara Universitas Djuanda
  • Teguh Prasetyo Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.14845

Keywords:

bahasa gaul, bahasa Indonesia, siswa sekolah dasar, pengajaran Bahasa.

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh bahasa gaul yang digunakan siswa sekolah dasar terhadap kemampuan berbahasa Indonesia siswa. Secara global, perkembangan teknologi dan media sosial telah mengawali bangkitnya budaya populer seperti bahasa gaul remaja. Akan tetapi menggunakan Bahasa gaul yang over dapat menghambat terwujudnya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan jati diri bangsa. Peneliti berharap dengan adanya peneletian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan bahasa gaul mempengaruhi kemampuan siswa sekolah dasar dalam berbahasa. berbahasa Indonesia, baik lisan maupun tulisan. Metode yang digunakan adalah analisis kasus kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan guru bahasa Indonesia di SDN Purwasari 01 Kota Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa gaul oleh siswa mempengaruhi pilihan kosakata siswa di kelas bahasa Indonesia karena mengarah pada kosakata baru yang tidak sesuai. Selain itu, siswa lebih sering menggunakan bahasa gaul dibandingkan bahasa Indonesia baik di dalam maupun di luar sekolah. Hal ini membuat pembelajaran bahasa menjadi sulit bagi guru. Untuk menghindari konsekuensinya, sekolah mengajarkan penggunaan bahasa yang benar dan bekerja sama dengan orang tua. Namun pentingnya melestarikan bahasa Indonesia harus disadari agar dapat melestarikannya di kalangan pelajar. Usulan yang disampaikan antara lain peningkatan pengajaran bahasa di sekolah dan kampanye penggunaan bahasa yang baik di masyarakat melalui kerja sama multipihak.

References

Adirinarso, D. (2023). DAMPAK PENERAPAN BAHASA GAUL DI KALANGAN GENERASI MUDA TERHADAP BAHASA INDONESIA. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Azizah, A. R. (2019). PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DAN BAHASA GAUL DI KALANGAN REMAJA. Jurnal SKRIPTA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 33–39.

Budiana, N., & Setiyoko, D. T. (2020). Implementasi Kalimat Efektif terhadap Penggunaan Bahasa Gaul. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 4(1), 61–70. https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i1.1685

D. alfiah, i. siagian. (2019). Bahasa Gaul “Jaksel” Sebagai Budaya Dikalangan Remaja Dalam Kajian Fonologi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2019(2157), 1–57.

Dina, G., Fadhilah, R., Gusti, N., Dewi, W. K., Marisa, & Septiani, M. (2023). Pentingnya Bahasa Indonesia dalam Membentuk Karakter Generasi Milenial terhadap Perkembangan Bahasa Gaul. Sasando : Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal, 6(2), 1–9.

Febriansah, T., Devianty, R., Studi, P., Indonesia, T. B., Islam, Baku, B. I., Kesalahan, A., & Artikel, I. (2024). Analisis Kesalahan Bahasa Gaul Dalam Bahasa. 5, 70–79.

Goyizah, & Yusuf, M. (2019). Bahasa Gaul (Prokem) Generasi Milenial dalam Media Sosial. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 2(1), 57–65. https://doi.org/10.54957/pengmasku.v2i1.190

Gunawan, H. (2023). Penggunaan Bahasa Gaul pada Media Sosial Instagram Di kalangan Remaja. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 70–75. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.23613

Hikmah, S. N. A. (2023). Fenomena Bahasa Gaul dan Eksistensi Bahasa Indonesia di Tengah Arus Globalisasi. Jurnal Multidisiplin Ibrahimy, 1(1), 119–131. https://doi.org/10.35316/jummy.v1i1.3612

Jadidah, I. T., Pramudita, V. P., Kiftiah, M., Bela, S., & Isnaini, F. (2023). Analisi penggunaan bahsa gaul terhadap bahasa Indonesia di kalangan remaja. SIGNIFICANT: Jurnal Of Research And Multidisciplinary, 2(2), 214–220.

Jadidah, I. T., Tazkia, N., Agustin, D., Isnaini, F., & Dita, E. N. (2023). Analisis Penggunaan Bahasa Gaul Ke Dalam Bahasa Indonesia Dikalangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 2(02), 132–138. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v2i02.409

Jadidah, I. T., Tazkia, N., Agustin, D., Isnaini, F., Dita, N., Program, ), Guru, S., & Ibtidaiyah, M. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA GAUL KE DALAM BAHASA INDONESIA DIKALANGAN SISWA SEKOLAH DASAR. In Jurnal Multidisipliner KAPALAMADA |Vol (Vol. 2, Issue 2).

Lestari Basri, P. I., Adam, A., & Andhira, D. A. (2022). Penggunaan Bahasa Gaul pada Media Sosial Facebook dalam Caption dan Komentar. Jurnal Konsepsi132, 11(1), 1321–142.

Marselina, S. (2022). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia pada Artikel Ilmiah Mahasiswa STIE Alam Kerinci. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(1), 101–106. https://doi.org/10.57251/sin.v2i1.272

Norma, N. (2020). Penggunaan Bahasa Gaul Dalam Komunikasi Lisan di Lingkungan SMA Negeri 7 Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(4), 70–80.

Situmorang, R., Manalu, R. S., & Napitupulu, K. R. (2024). Dampak Media Sosial Terhadap Penggunaan Bahasa Gaul di Aplikasi Tiktok Pada Remaja. 2(2).

Triafida, F., Prameswari, C., Rustianik, N., Sinatun Ila, F., Ghozali, T., Nurhayati, E., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2023). Eksistensi Penggunaan Bahasa Gaul Pada Media Sosial X Yang Mempengaruhi Gaya Bahasa Gen-Z. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 2548–6950.

Wijayanti, R., Dewi, D. W. C., & Jumadi. (2023). Pengaruh Bahasa Gaul Dalam Media Sosial Terhadap Bahasa Indonesia Dan Agama Islam. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(6), 1374–1389.

Wulandari, R., Fawaid, F. N., Hieu, H. N., & Iswatiningsih, D. (2021). Penggunaan Bahasa Gaul Pada Remaja Milenial Di Media Sosial. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 5(1), 64. https://doi.org/10.25157/literasi.v5i1.4969

Downloads

Published

2024-10-04

How to Cite

Ansor, P. B. A., Zahro, U. A., Iswara, D. M., & Prasetyo, T. (2024). Pengaruh Bahasa Gaul pada Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Siswa Sekolah Bogor. Karimah Tauhid, 3(10), 11147–11156. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.14845