Peran guru dalam Pembentukan karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14561Keywords:
Karakter siswaAbstract
Pendidikan karakter merupakan upaya sadar untuk mengubah dan mengembangkan perilaku yang lebih baik. Pengembangan karakter siswa sekolah dasar merupakan bagian penting dalam pendidikan guna mengembangkan manusia yang berakhlak mulia dan beretika. Guru memegang peranan penting dalam proses ini, terutama dengan pembelajaran bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran utama. Artikel ini mengkaji peran guru dalam membentuk karakteristik siswa yang belajar bahasa Indonesia di sekolah dasar Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai luhur dan budi pekerti yang baik hendaknya dilakukan sejak dini dan dapat dilakukan pada saat anak belajar bahasa Indonesia di sekolah dasar agar kelak dapat menjadi warga negara yang bermartabat. Namun kenyataannya, pendidikan di Indonesia saat ini dipertanyakan dalam kondisi yang kurang baik. Kondisi ini terjadi sejalan dengan semankin banyaknya kenyataan tentang lemahnya karakter bangsa Indonesia metode pembuatan artikel ini dengan Melalui Metode Pendekatan Kualitatif dengan wawancara DI MI Assalafiyyah Cidahu. Penelitian ini mengkaji berbagai strategi dan taktik yang dapat digunakan oleh guru bahasa Indonesia untuk mengembangkan karakter siswa seperti menggunakan teks sebagai alat untuk menyampaikan pelajaran moral , mendidik siswa tentang identitas dan adat istiadat nasional dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan reflektif melalui analisis teks Untuk itu artikel ini membahas tantangan -tantangan yang dihadapi oleh para guru dalam menerapkan ini , termasuk upaya mereka dalam memahami karakter siswa. Penelitian ini memberikan wawasan yang menyeluruh tentang bagaimana pendekatan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan karakter siswa di tingkat sekolah dasar.
References
Adawiyah, S. (2018). Pentingnya pendidikan karakter pada anak. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 347–351.
Annisya, S., & Baadilla, I. (2022). Analisis Nilai Karakter melalui Media Animasi Fabel dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7888–7895. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3648
Arniah, A., Rifa’I, A., & Jannah, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8626–8634. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3843
Arsini, Y., Yoana, L., & Prastami, Y. (2023). JURNAL MUDABBIR (Journal Research and Education Studies) Volume 3. Nomor 2 Tahun 2023 http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/mudabbir PERANAN GURU SEBAGAI MODEL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Journal Research and Education Studies, 3(2), 27–35. http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/mudabbir
Education, E., & Issn, J. (2021). Kata Kunci: Peran Guru, Karakter, Peserta Didik. 2(2), 181–197.
Harlina, R. W. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68.
Hoerudin, C. W. (2022). Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Amar (JAA), 3(1), 32–41.
Hulu, Y. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Pada Siswa Kelas III SD Negeri 071154 Anaoma Kecamatan Alasa. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 18–23. https://doi.org/10.33369/juridikdas.4.1.18-23
Nantara, D. (2022). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan di Sekolah dan Peran Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 229–238.
Prastami, Y. A. L. Y. Y. (2023). Kata Kunci: Peran Guru, Karakter, Peserta Didik. 3(2), 27–35.
Rahayuningtyas, D. R., Rizqi, P. A., Firnanda, R., Putri, M., Sawwama, A., Lutfhi, E., & Ahsani, F. (2021). Peran Guru Dalam Mempertahankan Cultural Heritage Indonesia. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 27–37.
Rinaldi Datunsolang, Firman Sidik, A. E. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 181–197. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Ruslan, A., Pranata, K., Azizah, N., & Fatayan, A. (2022). Analisis Peran Guru dalam Implementasi Nilai-Nilai Karakter melalui Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. In Jurnal Basicedu (Vol. 6, Issue 6, pp. 9908–9916). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4128
Saptono Hadi 2019. (2021). Problematik Pendidikan Bahasa Indonesia Kajian Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Sekolah Dasar. Jurnal Syntax Transformation, 2(06), 843–848. https://doi.org/10.46799/jst.v2i6.307
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Diska Damayanti, Aulia Rahmaniatul, Raden Risma Fauziah, Teguh Prasetyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.