Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14701Keywords:
Pendidikan, Media Pembelajaran, MatematikaAbstract
Dalam menambahkan kualitas sumber daya manusia, pendidikan harus mengikuti perkembangan budaya dan terus diperbaiki di semua tingkatan untuk masa depan. Pendidikan bertujuan untuk memaksimalkan potensi setiap orang dalam berbagai aspeknya, seperti iman, kepribadian, kecerdasan, dan keterampilan. Fokus pembelajaran di sekolah dasar adalah kemampuan dasar berhitung, menulis, dan membaca. Membantu siswa untuk memahami prosedur abstrak dengan lebih baik, penggunaan media pembelajaran yang tepat sangat penting, terutama dalam pelajaran matematika. Penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran dapat mengaktifkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep, dan efisiensi pembelajaran. Oleh karena itu, untuk membuat pembelajaran menarik dan efektif, guru harus mengembangkan cara mereka menggunakan media.
References
Febiola, K. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28263
Hasmawati, H., Usman, U., & Ahsan. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENJUMLAH BILANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR LUAS DAERAH DI KELAS VII MTs.N 1 ENREKANG. Journal of Mathematics Learning Innovation (Jmli), 1(1), 17–32. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i1.3259
Kholifah, N., Aqsalita, W., Putri, M. B., & ... (2024). Upaya meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas III SD melalui media Corner Box berbasis kearifan lokal. … Teknologi Komunikasi …, 15(1), 57–63. https://ejournal.btkp-diy.or.id/index.php/adikarsa/article/view/89%0Ahttps://ejournal.btkp-diy.or.id/index.php/adikarsa/article/download/89/91
Silalahi, T. A., & Wandini, R. R. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatan Kemampuan Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika di SD PAB 10 Sampali Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , Universitas Islam Negeri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31917–31924. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/12207/9393/22428
Susanti, E. P., Yantoro, Y., & Kurniawan, A. R. (2020). Strategi Guru dalam Pembelajaran Berhitung Pembagian di Sekolah Dasar. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(1), 53. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i1.3691
Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Valentina, A., & Wulandari, M. D. (2022). Media Pembelajaran Mabeta Untuk Menguatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 601–610. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2474
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ummu Atiya Zahro, Yusuf Safari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.