Pengaruh Identifikasi Diri dalam Personal Branding Prabowo Subianto di PEMILU 2024 Melalui Tiktok Terhadap Keputusan Pemilih Pemula Universitas Djuanda

Authors

  • Nur Fitriani Rachman Universitas Djuanda
  • Agustina Multi Purnomo Universitas Djuanda
  • Agustini Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14731

Keywords:

Identifikasi Diri, PEMILU, Kecenderungan Memilih, Keputusan Memilih

Abstract

Pemilih Umum menjadi mekanisme utama dalam memilih calon pemimpin. Pada PEMILU 2024, partai politik dan kandidat akan membangun personal branding untuk meyakinkan pemilih dan mendapatkan dukungan. Prabowo Subianto, calon presiden nomor urut 02 dikenal dengan ciri khas “gemoy” di kalangan pemilih, khususnya pemilih pemula. Kepopuleran label “gemoy” di kalangan pemilih pemula disebabkan oleh sikap santai Prabowo yang sesuai dengan karakter pemilih pemula dan mayoritas generasi Z termasuk mahasiswa Universitas Djuanda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh personal branding Prabowo di PEMILU 2024 terhadap keputusan pemilih pemula Mahasiswa Universitas Djuanda. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan sampel 361 pemilih pemula mahasiswa Universitas Djuanda. Hasil dari penelitian ini didapatkan dengan uji t menujukkan bahawa personal branding dan kecenderungan memilih mempengaruhi keputusan memilih. Dalam uji koefisien determinasi mendapatkan hasil data sebesar 77,3% artinya personal branding dan kecenderunganberpengaruh terhadap keputusan memilih para pemilih pemula mahasiswa Universitas Djuanda, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model regresi.

References

Annur, C. M. (2023). Indonesia Punya Pengguna Tiktok Terbanyak ke-2 di Dunia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/22/indonesia-punya-pengguna-tiktok-terbanyak-ke-2-di-dunia

Boeky, K. S. P. (2024). Capres ‘Gemoy’: a Personal Branding Analysis on Prabowo Subianto for the 2024 Presidential Election. MEDIASI Jurnal Kajian Dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 5(1), 50–65. https://doi.org/10.46961/mediasi.v5i1.1019

Darmawan, I. (2015). Mengenal ilmu politik.

Hardani, H.Nur, A. H. et al. (2020). Buku metode penelitian kualitatif & kuantitatif. In CV. Pustaka Ilmu (Issue March).

Husna, A. (2017). ANALISIS POLITICAL BRANDING CALON KEPALA DAERAH DALAM PILKADA ACEH 2017. Jurnal Komunikasi Global, 6(1), 56–73.

Jamil, H., Hamad, I., & Sari, Y. (2023). Personal Branding Puan Maharani Pada Akun Instagram @ Puanmaharaniri Menuju Pemilihan Presiden 2024. Pustaka Komunikasi, 6(2), 205–217.

Laras Weninggalih, & M.E Fuady. (2021). Hubungan Kampanye Politik Calon Presiden 2019 melalui Media Sosial Instagram dengan Keputusan Memilih Mahasiswa Indonesia di Thailand. Jurnal Riset Public Relations, 1(1), 22–32. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i1.79

Nur Wardhani, P. S. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Pemilihan Umum. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 57. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8407

Purnomo, A. M. (2016). THE CHALLENGES OF THE INTEGRITY VALUES ENFORCEMENT IN NEW MEDIA COMMUNICATION : CASE OF NMC USED BY STUDENTS.

Purnomo, A. M. (2023). Social Factors and Social Media Usage Activities on Customer Path 5A Continuity Due to E-Marketing Communication. Jurnal Internasional Ilmu Sosial Dan Bisnis, 7(1), 11–24.

Purnomo, A. M. (2024). Bibliometric Analysis of Sociological on Artificial Intelligence. Jurnal Ilmu Sosial, 22(2), 31–49. https://doi.org/10.14710/jis.22.2.2023.31-49

Purnomo, A. M., Pratidina, G., & Setiawan, M. F. (2022). Komunikasi Pemasaran Perusahaan PascaPandemi : Studi Respon Pelanggan Terhadap Pesan di Instagram. Jurnal Komunikatio, 8(2), 104–113.

Roestamy, M., Martin, A. Y., Hakim, A. A. L. L., & Purnomo, A. M. (2023). BIBLIOMETRIC ANALYSIS OF THE LEGAL ISSUES RELATING TO ARTIFICIAL INTELLIGENCE TECHNOLOGY IN TOURISM. 18(6), 9–16.

Sumaryono, Niken, F. E., & Prisanto, G. F. (2021). Strategi personal branding dalam pemenangan pemilu legislatif (studi kasus Ir. Ridwan Bae di Sulawesi Tenggara). Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 5(1), 64–82.

Yanny, A., Hutabarat, S. A., & Sianturi, R. D. (2019). Peran Guru PKN dan Internet Terhadap Keputusan Memilih dalam PEMILU 2019 (Studi Kasus SMU Nasrani I Medan). Seminar Nasional Sains Dan …, 10–13. http://seminar-id.com/prosiding/index.php/sensasi/article/view/258

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Rachman, N. F., Purnomo, A. M., & Agustini. (2024). Pengaruh Identifikasi Diri dalam Personal Branding Prabowo Subianto di PEMILU 2024 Melalui Tiktok Terhadap Keputusan Pemilih Pemula Universitas Djuanda. Karimah Tauhid, 3(8), 8278–8286. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14731
Abstract viewed = 10 times