Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Narasi Siswa SD dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Neng Diva Sabila Universitas Djuanda
  • Hani Hanniyah Farhah Universitas Djuanda
  • Teguh Prasetyo Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14612

Keywords:

strategi, kemampuan, menulis, narasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang efektif untuk mendorong siswa sekolah dasar agar tertarik untuk mengembangkan kreativitas dalam menulis narasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif termasuk wawancara dengan guru dan studi literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi yang intensif melalui diskusi kolaboratif dan proyek, membaca berbagai jenis literatur, latihan menulis yang konsisten dengan umpan balik yang konstruktif, dan kegiatan naratif dengan menggunakan berbagai media dapat meningkatkan kemampuan menulis naratif siswa secara signifikan. Strategi ini tidak hanya meningkatkan motivasi siswa, tetapi juga mengembangkan keterampilan menulis dan meningkatkan kreativitas dalam bercerita.Hasil penelitian ini memberikan solusi praktis untuk meningkatkan pembelajaran menulis cerita di sekolah dasar dan memberikan panduan bagi para guru untuk menerapkan metode pengajaran yang lebih efektif, yang disadari dan dapat diperbaiki di masa mendatang.

References

Harnon. (2012). Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Narasi Melalui Pendekatan Proses di Sekolah Dasar. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 13(2). https://doi.org/10.24036/komposisi.v13i2.3939

Azhar, M., & Wahyudi, H. (2024). UHERJ : Uluwwul Himmah Education Research Journal Motivasi Belajar : Kunci Pengembangan Karakter dan Keterampilan Siswa UHERJ : Uluwwul Himmah Education Research Journal. 1(1), 1–15.

Gunadi, G., Prasetyo, T., Kurniasari, D., & Muhdiyati, I. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas dengan Metode Experiential Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.1.2023.2351

Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., Fitri, A. K., & L, N. A. (2021). PEMANFAATAN MEDIA VISUAL DALAM TERCAPAINYA TUJUAN PEMBELAJARAN. Akademika, 10(02), 291–299. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402

Lovita, I. D., Muslihin, H. Y., & Indihadi, D. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar dalam Tahapan Menulis Tompkins Melalui Model Think Talk Write. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5951–5955. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2669

Magta, M., Ujianti, P. R., & Permatasari, E. D. (2019). PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN. 24(2), 212–220.

Mahmur, M., Hasbullah, H., & Masrin, M. (2021). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 169. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7408

Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645

RimahDani, D. E., Shaleh, S., & Nurlaeli, N. (2023). Variasi Metode Dan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 372. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1829

Rulviana, V. (2020). Pemanfaatan Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Narasi Pada Siswa Kelas Iv Sdn Jabung 2. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 223–229. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4574

Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/938

Salsabilah, P., Sayuti, M., & Azkiya, H. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Menggunakan Model Project Based Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 1554–1561.

Siregar, Y. E. Y., Rachmatullah, R., & Wardhani, Prayuningtyas Angger, MS, Z. (2017). Keterampilan Menulis Narasi melalui Pendekatan Konstruktivisme di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 112–123.

Sumarni, E. T. (2020). Model Kooperative Learning Tipe STAD pada Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. 4, 1309–1319.

Supardi, A. (2014). Inovasi dalam pemenuhan kebutuhan bahan ajar suplemen diharapkan mampu mengurangi rendahnya minat baca. Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Ajar Suplemen Dalam Peningkatan Minat Belajar, 1(2), 161–167. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/749

Surni, V. V., Pawitri, A., & Syaikhu, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Tarik Tambang. 108–113.

Yusuf, A. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi dengan Strategi Genius Learning pada Siswa MI Darut Taqwa Pasuruan. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(1), 1–8.

Downloads

Published

2024-08-12

How to Cite

Sabila, N. D., Hanniyah Farhah, H., & Prasetyo, T. (2024). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Narasi Siswa SD dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Karimah Tauhid, 3(8), 8816–8824. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14612
Abstract viewed = 4 times

Most read articles by the same author(s)