Implementasi Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14504Keywords:
Kurikulum Merdeka, Guru, Sekolah Menengah Atas (SMA)Abstract
Pemelitan ini dilakukan untuk melihat tantangan serta implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah menengah atas (SMA) dari perspektif guru. Analisis data dilakukan menggunakan kuasi kualitatif dengan mengumpulkan data melalui survei yang melibatkan 8 guru dari berbagai SMA di Depok, Cianjur, Sukabumi dan Bangka Belitung. Hasil penelitian menunjukkan dalam pengimplementasi kurikulum merdeka di SMA tidaklah mudah, para guru dihadapkan dengan tantangan untuk mencari metode yang sesuai dalam penerapan kurikulum terhadap peserta didik, penyesuaian metode pengajaran, dan juga harus mampu untuk memahami berbagai karakter perserta didik. Meski terdapat berbagai kendala, sebagian besar guru juga menunjukkan komitmen tinggi dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka ini para guru memiliki sikap optimisme untuk mampu memenuhi dan memahami kebutuhan dari peserta didik nya serta mampu berusaha untuk menyesuaikan metode pengajaran sehingga peserta didik mampu memahami pelajaran. Penelitian ini memberikan wawasan tentang tantangan dan implementasi penerapan kurikulum merdeka di SMA bagi presepsi guru.
References
Friantini, Rizki Nurhana, and Rahmat Winata. 2019. “ANALISIS MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA.” Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia 4(1):6–11.
Hamdani, Dini Adriani. 2018. “Penerapan Metode Discussion Group (DG) – Group Project (GP) Untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Pada Pembelajaran IPS : Studi Deskriptif Kelas Di Kelas VIII I SMP Negeri 3 Lembang.” 8–34.
HARIYANTO. 2021. “PENGEMBANGAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN.” 1(2):92–98.
Hita, I. Putu Agus Dharma, Doni Pranata, and Muhammad Efendi. 2021. “Analisis Tingkat Konsentrasi Anak Usia 11-13 Tahun Melalui Aktivitas Fisik Olahraga Renang.” Jurnal Patriot 3(November):397–407. doi: 10.24036/patriot.v%vi%i.809.
Hutabarat, Hasrida, Rahmatika Elindra, and Muhammad Syahril Harahap. 2022. “Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri Sekota Padangsidimpuan.” Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal) 5(3):58–69.
Lestari, Diah, Masduki Asbari, and Eka Erma Yani. 2023. “Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum Dalam Pendidikan.” Journal of Information Systems and Management (JISMA) 2(6):85–88.
Putri, Nurqiyah Syahrani, and Rusi Rusmiati Aliyyah. 2024.” IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR: PERKEMBANGAN YANG SIGNIFIKAN DALAM PENDIDIKAN INDONESIA 3(3):2024.
Ramadhan, Iwan, and Warneri Warneri. 2023. “Migrasi Kurikulum: Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka Pada SMA Swasta Kapuas Pontianak.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5(2):751–58. doi: 10.31004/edukatif.v5i2.4760.
Sudaryanto, Sudaryanto, Wahyu Widayati, and Risza Amalia. 2020. “Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Bahasa (Dan Sastra) Indonesia.” Kode: Jurnal Bahasa 9(2):78–93. doi: 10.24114/kjb.v9i2.18379.
Suryantika, Ika, and Rusi Rusmiati Aliyyah. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Pembelajaran Di Luar Kelas Pada Sekolah Dasar.” Karimah Tauhid 2(6):3103–34.
Susanti, Fitrina, Lidya Fitri, and Zulmuqim Zulmuqim. 2023. “Kurikulum Prototipe Dan Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(3):32028–33.
Suwardi, Andini Amalia, and Rusi Rusmiati Aliyyah. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Guru Dalam Mengelola Minat Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Andini.” Karimah Tauhid 2(6):2948–65.
Syabrus, Hardisem. 2015. “Kesiapan Dalam Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Sekolah Menengah Kejuruan Kota Pekanbaru.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis 7(1):24–30.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rana Zatanda Arifin, Fitrah Sulifah, Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.