Implementasi Media Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama : Studi Analisis Tematik

Authors

  • Nelli Nur Ramdhani Universitas Djuanda
  • Raden Mutiara Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14412

Keywords:

kurikulum merdeka, guru, sekolah menengah pertama (SMP)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran pada kurikulum merdeka dan bertujuan untuk mengetahui urgensi serta tantangan media pembelajaran pada kurikulum merdeka. Data dikumpulkan dengan cara wawancara online melalui google form terhadap 10 guru sekolah menengah pertama (SMP) di 2 wilayah berbeda di indonesia. Analisis data menggunakan kuasi analisis kualitatif tematik. Analisis menemukan dua hal utama tema: urgensi,dan tantangan. Penelitian menyimpulkan bahwa keberhasilan kurikulum akan sangat ditentukan melalui kesiapan teknologi, dukungan dan bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan, baik pusat maupun daerah pemerintah, lembaga penjaminan mutu pendidikan. Penelitian ini berkontribusi untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi guru dalam menyelesaikan tantangan media pembelajaran dalam kurikulum.

References

Audie, N. (2019). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. doi:10.1191/1478088706qp063oa

Cropley, A. J. (2019). Introduction to Qualitative Research Methods. Riga, Latvia: Zinatne.

Firdaus, Ngatifudin. (2023). Ragam Media Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Diakses pada 28 Juni 2024 dari https://btkp-diy.or.id/artikel/ragam-media-pembelajaran-pada-kurikulum-merdeka

Heriyanto, H. (2018). Analisis tematik sebagai metode menganalisis data untuk penelitian kualitatif. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi , 2 (3), 317-324.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Muttaqin, M. (2021). Konsep kurikulum pendidikan Islam. TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1-16.

Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis kurikulum merdeka dan platform merdeka belajar untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 238-244.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Nelli Nur Ramdhani, Mutiara, R., & Rusi Rusmiati Aliyyah. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama : Studi Analisis Tematik. Karimah Tauhid, 3(8), 8541–8552. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14412
Abstract viewed = 4 times