Upaya dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bogor

Authors

  • Dewi Nur Fadillah Universitas Djuanda
  • Afmi Apriliyani Universitas Djuanda
  • Ginung Pratidina Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14485

Keywords:

Upaya, Kualitas Pelayanan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik

Abstract

Sebagai salah satu instansi pemerintah, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Kota Bogor memiliki tanggung jawab membantu program kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih sesuai dengan visi dan misi pada periode tertentu. Selain tugas tersebut, KESBANGPOL juga berperan dalam menerbitkan surat izin penelitian, menjadikannya tempat yang sering dikunjungi oleh masyarakat, khususnya mahasiswa/i, untuk mengajukan surat penelitian. Kesbangpol harus menyediakan layanan yang berkualitas tinggi untuk masyarakat. Jika layanan tersebut kurang memadai atau tidak sesuai dengan harapan, hal ini dapat menyebabkan ketidakpuasan dan kehilangan kepercayaan masyarakat terhadap institusi tersebut. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya – upaya yang dilakukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bogor dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis data yang telah dikumpulkan guna menjelaskan kualitas pelayanan di Badan Kesbangpol Kota Bogor, peneliti menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan utama pada penelitian ini adalah Pegawai pelayanan dan informan pendukung nya adalah masyarakat. Beberapa hambatan dalam pelayanan perizinan di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik mencakup komunikasi yang kurang jelas dalam penyampaian informasi, keterbatasan sumber daya manusia, serta masalah internal tim. Untuk mengatasi hambatan tersebut, berbagai upaya telah dilakukan, seperti pelatihan komunikasi yang efektif, prioritisasi dan delegasi pekerjaan, serta penyelenggaraan sesi team building. Saran dari penelitian ini adalah agar pegawai lebih aktif memberikan informasi melalui akun website dan menambah media informasi, meningkatkan fasilitas dan peralatan, seperti menambah jumlah komputer dalam pelayanan, agar proses pelayanan menjadi lebih cepat.

References

Fahad, A., Maksudi, B. I., & Pratidina, G. (2019). Kualitas Pelayanan Pergantian STNK 5 Tahun di Samsat Cibadak Kabupaten Sukabumi. Jurnal Governansi, 5(2).

Hadjam, M. N. R. (2001). Efektivitas pelayanan prima sebagai upaya meningkatkan pelayanan di Rumah Sakit (Perspektif Psikologi). Jurnal Psikologi, 28(2), 105-115.

Harto, B. (2015). Analisis tingkat kepuasan pelanggan dengan pendekatan fuzzy servqual dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan (studi kasus di bengkel resmi bajaj padang). Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, 3(1), 20-30.

Maani, K. D. (2005). Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Era Otonomi Daerah. Jurnal Demokrasi, 4(2).

Rahayu, A. D., & Purnamasari, H. (2023). Kualitas Pelayanan Pada Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Bekasi. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa, 8(1), 29-43.

Rinaldi, R. (2012). Analisis kualitas pelayanan publik. Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal), 2(1), 22-34.

Sabeni, H., & Setiamandani, E. D. (2020). Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 9(1), 43-52.

Salbiah, E., & Apriliani, A. (2022). Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga (Kk) Pada Kantor Kecamatan. Jurnal Governansi, 8(2), 141-152.

Yunaningsih, A., Indah, D., & Septiawan, F. E. (2021). Upaya meningkatkan kualitas layanan publik melalui digitalisasi. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 9-16.

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Fadillah, D. N. ., Apriliyani , A. ., & Pratidina, G. . (2024). Upaya dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bogor. Karimah Tauhid, 3(8), 9381–9388. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14485
Abstract viewed = 0 times