Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis dalam Bahasa Inggris

Authors

  • Siti Revi Aprilianti Universitas Djuanda
  • Greeceka Sekar Andiar Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14396

Keywords:

Peningkatan Membaca dan Menulis

Abstract

Dalam komunikasi dan interaksi dengan dunia luar, Bahasa Inggris memainkan peran yang sangat penting. Terutama dalam bidang pendidikan, Bahasa Inggris memiliki peran strategis yang tak tergantikan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, peningkatan dalam proses pembelajaran sangatlah diperlukan. Keterampilan membaca dan menulis Bahasa Inggris mengajarkan mahasiswa untuk fokus dan bertanggung jawab. Saat pengajar memperkenalkan kemampuan menulis, mahasiswa akan membaca dengan saksama. Keterampilan menulis adalah bagian esensial dari sebuah keterampilan yang penting yang harus dikuasi oleh para siswa. Proses pengajaran membaca dan menulis menggunakan teknik-teknik tertentu sehingga mahasiswa dapat mengekspresikan ide dalam tulisan, khususnya dalam kalimat sederhana. Kegiatan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris merupakan proses yang rumit dan khas, sehingga membutuhkan pembelajaran yang mendalam. Banyak mahasiswa yang menghadapi kesulitan dalam mencapai hasil yang memuaskan dalam mata pelajaran membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris. Penelitian dilakukan dengan memberikan 10 pertanyaan kepada 5 mahasiswa Universitas Djuanda untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran kemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris.

References

Astuti, P. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA KOMIK BERBAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS VIII MTS Puji Astuti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ( STIK ) Bina Husada ENHANCEMENT ABILITY READ UNDERSTANDING. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 32(1), 1–7.

Noorman Haryadi, R. (2020). PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SMA Negeri 99 Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 1(2), 14–30. https://doi.org/10.51805/jmbk.v1i2.15

Ruhaena, L., Psikologi, F., Muhammadiyah, U., Jalan, S., & Yani, A. (2008). Pengaruh Metode Pembelajaran Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Baca-Tulis Permulaan Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris Pada Anak Prasekolah the Effect of Jolly Phonics Learning Method on the Indonesian and English Initial Literacy Ability in Preschool Chi. Jurnal Penelitian Humaniora, 9(2), 192–206. www.jollylearning.co.uk/casestudy

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020a). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020b). Writing Poster at Higher Education: Victor Schwab Theory Analysis. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 25–31. https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7585

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Aprilianti, S. R., & Andiar, G. S. . (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis dalam Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(8), 8496–8504. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14396
Abstract viewed = 8 times