Studi Literatur: Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode Total Physical Response (TPR) di Sekolah Dasar

Authors

  • Rachmah Amalia Universitas Djuanda
  • Mega Febriani Sya Universitas Djuanda
  • Shofia Hanna Nisa Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14176

Keywords:

Bahasa Inggris, Inovasi Pembelajaran, Metode Total Physical Response, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran bahasa Inggris menggunakan metode TPR di SD dengan metode kualitatif. Data diperoleh melalui studi literatur menggunakan referensi buku dan artikel ilmiah yang telah dipublikasi, baik nasional maupun internasional. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat metode pembelajaran bahasa Inggris yang sesuai dengan karakteristik siswa SD, yaitu metode TPR. Metode TPR dapat mengurangi kecemasan siswa ketika belajar Bahasa Inggris dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbicara ketika mereka sudah siap dan menggunakan perintah ataupun sandiwara lucu yang menunjukkan bahwa belajar bahasa Inggris itu menyenangkan. Penelitian menyimpulkan bahwa implementasi metode TPR di beberapa negara dinilai efektif untuk mengurangi stress pada siswa dan dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa, karena siswa mempelajari kosakata baru melalui ucapan dan gerakan tubuh, sehingga siswa merasa senang dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dapat membantu guru dalam mendesain pembelajaran bahasa Inggris menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan.

References

Amalia, R., Sya, M. F., & Nisa, S. H. (2024). Perbandingan Implementasi Metode Pembelajaran Bahasa Inggris : The Grammar-Translation Method dan The Audio-Lingual Method. Karimah Tauhid, 3(5), 5440–5449. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13216

Antika, R., & Syari, E. M. (2021). The Effect of English Teaching Material Using Total Physical Response (TPR) Based Character Education in Elementary School. Proceedings of the Tenth International Conference on Languages and Arts (ICLA 2021), 599, 20–24. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211129.004

Aslamiah, S. (2020). Kesulitan Belajar Bahasa Inggris dalam Perspektif Pendidikan. Primearly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 6(2), 134–146. https://doi.org/https://doi.org/10.37567/prymerly.v3i2.325

Bayu, G. W., & Wahyuni, L. G. E. (2019). Efektivitas Implementasi Strategi Enjoyable Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Permulaan Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 335–341. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.16015

Celik, T. I., Cay, T., & Kanadli, S. (2021). The Effect of Total Physical Response Method on Vocabulary Learning/Teaching: A Mixed Research Synthesis. English Language Teaching, 14(12), 154–170. https://doi.org/10.5539/elt.v14n12p154

Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 1439–1444. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.56953

Fadiana, D., Ys, S. B., & Inayah, N. (2020). Teaching Vocabulary by Using Total Physical Response. Research in English and Education (READ), 5(1), 1–6.

Ha, N. D. N., Trang, L. T. T., & Hue, N. T. T. (2020). Teaching English Vocabulary to Young Learners through Total Physical Response Method. Journal of Sciences, 10(2), 26–40. https://doi.org/10.46223/hcmcoujs.soci.en.10.2.611.2020

Herlina, & Utami, N. C. M. (2019). Teaching English to Students of Elementary School (Y. N. I. Sari (ed.)). Bumi Aksara.

Hestiana, M., & Anita. (2022). The Role of Movie Subtitles to Improve Students’ Vocabulary. Journal of English Language Teaching and Learning, 3(1), 46–53. https://doi.org/10.33365/jeltl.v3i1.1715

Larsen, D., & Anderson, M. (2011). Techniques & Principles in Language Teaching (Third Edit). Oxford University Press.

Maulana, S., Sya, M. F., Mawardini, A., & Ynianika, I. T. (2023). YouTube as a Media for Developing English Proficiency: Experiments on Elementary School Students in Indonesia. Jurnal Pendidikan, 24(2), 93–100. https://doi.org/10.33830/jp.v24i2/6150.2023

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis (R. Holland (ed.); 2nd ed.). SAGE Publications, Inc.

Nisa, S. H., Sya, M. F., Amalia, R., & Febriani, A. (2024). Pendekatan Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: The Grammar Traslation Method dan The Direct Method. Karimah Tauhid, 3(5), 5397–5409. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.13213

Nurani, A. F., Sya, M. F., & Yektyastuti, R. (2019). Efektivitas Penggunaan Picture Series dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa. Al-Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 2(1).

Ranuntu, G. C., & Tulung, G. J. (2019). Peran Lagu dalam Pengajaran Bahasa Inggris Tingkat Dasar. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 4(1), 99–110.

Sinta, N. H., & Uyun, A. S. (2023). Using Total Physical Response Method in Teaching Speaking at a Primary School in Sumedang. JEPAL: Journal of English Pedagogy and Applied Linguistics, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32627/jepal.v4i1.773

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., Kartakusumah, B., & Maufur, M. (2022). Perception of English Difficulties to Improve Learning Design. Ibn Khaldun International Journal of Economic, Community Empowerment and Sustainability, 1(1), 29–36.

Vélez, J. C. L., & Holguin, J. S. V. (2021). Educational Innovation Into English as a Foreign Language Practices for Early Children: Neuroeducation and the Total Physical Response Method. Education Quarterly Reviews, 4(3). https://doi.org/10.31014/aior.1993.04.03.346

Widiyarti, D. W., & Fitriani, I. A. (2023). The Implementation of TPR (Total Physical Response) Method in English Vocabulary Learning of Young Learner. Proceeding Virtual English Education Students Conference, 02(01), 30–35.

Xie, R. (2021). The Effectiveness of Total Physical Response (TPR) on Teaching English to Young Learners. Journal of Language Teaching and Research, 12(2), 293–303. https://doi.org/10.17507/jltr.1202.11

Xu, J. (2020). The Effects of Using Total Physical Response to Teach Foreign Languages for K-12 Students. International Conference on Modern Education and Information Management (ICMEIM), 80–83. https://doi.org/10.1109/ICMEIM51375.2020.00025

Yaqin, A. H., Juhaeni, Taufik, & Yasir, D. (2024). The English Learning Effort: Optimizing English Speaking Skills Through Total Physical Response Method for Fourth Grade Elementary School at Kuala Lumpur of Indonesian School (SIKL). International Journal of Contemporary Sciences (IJCS), 2(3), 153–172. https://doi.org/https://doi.org/10.55927/ijcs.v2i3.8580

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Amalia, R. ., Sya, M. F. ., & Nisa, S. H. . (2024). Studi Literatur: Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode Total Physical Response (TPR) di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(7), 7772–7780. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14176
Abstract viewed = 6 times