Community Language Learning di Sekolah Dasar: Pendekatan Pembelajaran Bahasa Inggris

Authors

  • Shofia Hanna Nisa Universitas Djuanda
  • Mega Febriani Sya Universitas Djuanda
  • Rachmah Amalia Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14173

Keywords:

Bahasa Inggris, Community Language Learning, Pendekatan Pembelajaran, Sekolah Dasar

Abstract

Bahasa Inggris, sebagai salah satu bahasa resmi PBB, merupakan mata pelajaran inti di Indonesia dari tingkat dasar hingga pendidikan tinggi karena pentingnya dalam komunikasi global. Namun, pemahaman mengenai penerapan metode Community Language Learning (CLL) dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan mengkaji efektivitas metode CLL, yang memperlakukan guru sebagai konselor dan siswa sebagai klien, dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa. Metode kajian literatur digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis penelitian yang ada mengenai penerapan CLL, dengan sumber data termasuk artikel jurnal, buku, disertasi, dan laporan penelitian. Penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan metode CLL dapat meningkatkan kemampuan berbicara, motivasi belajar, serta kemampuan berpikir kritis pada siswa. Namun, tantangan seperti keterbatasan fasilitas dan pengawasan yang efektif masih ada. Temuan ini mengindikasikan bahwa CLL dapat membuat pembelajaran bahasa Inggris lebih interaktif dan relevan, meskipun membutuhkan kreativitas dan inovasi guru untuk mengatasi kendala yang ada. Penelitian ini menyarankan perlunya pengembangan fasilitas dan metode evaluasi yang lebih baik untuk mendukung penerapan CLL di sekolah dasar.

References

Amalia, R., Sya, M. F., & Nisa, S. H. (2024). Perbandingan Implementasi Metode Pembelajaran Bahasa Inggris: The Grammar-Translation Method dan The Audio-Lingual Method. Karimah Tauhid, 3(5), 5440–5449.

Ariwibowo, S., Yuliastuti, A., & Pujimahanani, C. (2020). Pelatihan Bahasa Inggris Santri Pondok Pesantren Bismar Al-Mustaqim Surabaya Dengan Pendekatan Fungsional. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2).

Cahyono, E. A., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literatur review; panduan penulisan dan penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2), 12.

Djelantik, S., Indraswari, R., Triwibowo, A., & Apresian, S. R. (2015). Komunikasi internasional dalam era informasi dan perubahan sosial di Indonesia. Research Report-Humanities and Social Science, 2.

Evi, T. (2020). Manfaat bimbingan dan konseling bagi siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 72–75.

Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Bumi aksara.

Febrianto, A. R. (2019). English: The Legacy of Colonialism and New Form of imperialism: Sejarah Bahasa Inggris dan Pengaruhnya Terhadap Dunia dan Indonesia. Penerbit Ernest.

Freeman, D. L., & Anderson, M. (2011). Techniques-Principles-Language-Teaching.

Halimah, H. (2018). Boosting students’ speaking ability through Community Language Learning. Studies in English Language and Education, 5(2), 204–216.

Hamer, W., Irianto, T. U., Manan, N. A., Widayani, G., Meisarah, F., Purwati, H., Suryani, L., Suhardiman, S., Rispatinigsih, D. M., & Lailisna, N. N. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris. Sada Kurnia Pustaka.

Hanikah, H., Faiz, A., Nurhabibah, P., & Wardani, M. A. (2022). Penggunaan media interaktif berbasis ebook di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7352–7359.

Listia, R., & Kamal, S. (2008). Kendala Pengajaran bahasa inggris di sekolah dasar. Retrieved on February, 11(060), 2011.

Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY: Journal of Education, 1–12.

Masbiran, G., & Fauzi, A. (2018). Speaking skill in using community language learning (Cll). Indonesian Journal of Integrated English Language Teaching, 3(2), 198–205.

Musfah, J. (2016). Tips Menulis Karya Ilmiah: Makalah, Penelitian, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Prenada Media.

Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Ningsih, N. A., Ristian, D. E. P., Sayyidinaa, I., & Jati, C. K. (2023). Community Language Learning untuk Pembelajaran Berbicara Bahasa Inggris. CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Nisa, H., Sya, M. F., Amalia, R., & Febriani, A. (2024). Pendekatan Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: The Grammar Traslation Method dan The Direct Method. Karimah Tauhid, 3(5), 5397–5409.

Nuraeni, S. P. (2021). Bahasa Inggris di Era Globalisasi. Teori & Inovasi Pendidikan Masa Depan, 18.

Nurani, A. F., Sya, M. F., & Yektyastuti, R. (2019). Efektivitas Penggunaan Picture Series Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa. AL-KAFF: Jurnal Sosial Humaniora, 2(1).

Pakaya, I., & Ibrahim, D. (2019). Pembelajaran Kolaboratif pada Sekolah Dasar di Negara Indonesia. Pedagogika, 10(1), 15–26.

Priastiyadi, D., Rusmono, D., & Hanoum, R. N. (2020). Implementasi Community Language Learning Pada Program Conversation Dalam Meningkatkan Speaking Skills. PEDAGOGIA, 18(1), 82–96.

Rardin, J. P., Tranel, D. D., Tirone, P. L., & Green, B. D. (1988). Education in a new dimension: The counseling-learning approach to community language learning. In Cliffside Park, NJ.

Ratminingsih, N. M. (2021). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2014). Approaches and methods in language teaching. Cambridge university press.

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42–51.

Rohmah, S. N. (2019). Eksistensi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam ilmu pengetahuan di era globalisasi.

Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius.

Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., & Lathifah, Z. K. (2021). Indonesian Learning: Towards The Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., Kartakusumah, B., & Maufur, M. (2022). Perception of English Difficulties to Improve Learning Design. Ibn Khaldun International Journal of Economic, Community Empowerment and Sustainability, 1(1), 29–36.

Tiwery, B. (2021). Kekuatan dan Kelemahan Metode Pembelajaran Dalam Penerapan Pembelajaran HOTS: Higher Order Thinking Skills. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Utami, E. O., Sukirlan, M., & Sudirman, S. (2015). Implementation of Community Language Learning (CLL) in Teaching Vocabulary. Lampung University.

Wijaya, E. A., Saskara, I. K., & Sutrisnawati, N. K. (2023). Pengenalan Sapta Pesona melalui Pembelajaran Bahasa Inggris. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 5(3), 1–8.

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Nisa, S. H. ., Sya, M. F. ., & Amalia, R. (2024). Community Language Learning di Sekolah Dasar: Pendekatan Pembelajaran Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(7), 7749–7760. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14173
Abstract viewed = 6 times