Analisis Kepuasan Konsumen Melalui Important Performance Analysis Menggunkan Strategi Store Atmosphere
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14122Keywords:
Kepuasan konsumen, Importance performance analysis, Customer satisfaction index, Store atmosphere, Kinerja tokoAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi tingkat kepuasan konsumen terhadap kinerja toko Indomaret di daerah Wangun Sindang Sarija, Bogor. Customer Satisfaction Index (CSI) dan Important performance analisis (IPA) digunakan sebagai alat analisis. Suasana toko atau disebut Store Atmosphere diidentifikasi sebagai faktor kunci yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dengan metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 50 responden. Hasil analisis IPA menunjukkan atribut-atribut yang perlu diperbaiki, dipertahankan, dan yang kurang prioritas dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Sementara itu, perhitungan CSI menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan terhadap kinerja toko mencapai 69%. Penelitian ini memberikan wawasan bagi manajemen toko dalam upaya meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan di masa mendatang.
References
Amri, H. R., Studi, P., Informatika, T., Informasi, F. T., Catur, U., Cendekia, I., Subagio, R. T., Studi, P., Informatika, T., Informasi, F. T., Catur, U., Cendekia, I., Studi, P., Informatika, T., Informasi, F. T., Catur, U., & Cendekia, I. (2020). Penerapan Metode CSI untuk Pengukuran Tingkat Kepuasan Layanan Manajemen. 03(0), 241–252.
ANINDITA, B. D. (2012). ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN PADA ALFAMART TEMBALANG DARI DIMENSI PELAYANAN (Studi Kasus Pada Alfamart Jl. Ngesrep Timur V / 69, Kota Semarang). Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.
Firdaus, M. F., & Nur, M. (2023). Analisa Tingkat Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Perangkat Lunak, 5(3), 295–301. https://doi.org/10.32520/jupel.v5i3.2721
Kasus, S., Citra, M., & Di, N. (2021). Bisma, Vol 6. No 8, Desember 2021. 6(8), 1775–1786.
Katarika, D. M., & Syahputra, S. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Di Bandung. Jurnal Ecodemica : Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 162–171. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/1566
Manajemen, S. N., Akuntansi, E., Atmosphere, A. S., Usaha, L., & Produk, D. A. N. K. (2022). Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop. 2, 347–359.
Mathematics, A. (2016). Bab II tinjauan pustaka, teori kepuasan konsumen. 1–23.
Ormanovic, S. (2017). IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS : DIFFERENT APPROACHES. January 2018.
Sanusi Mulyo Widodo, & Joko Sutopo. (2018). Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business to Customer. Jurnal Informatika Upgris, 4(1), 38–45.
Zafirahana, M. R. (2021). Kajian Musikalisasi Puisi “Sang Guru” Karya Panji Sakti (Diambil Dari Puisi Karya Nurlaelan Puji Jagad Dan Diaransemen Oleh Dorry Windhu Sanjaya). Perpustakaan.Upi.Edu; Repository.Upi.Edu, 1–12. file:///C:/Users/Rudi Rivalzi/OneDrive/Documents/SEMESTER 6/MK METODOLOGI PENELITIAN/kualitatif.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dava Delistiana Putri, Siti Hanifah Nurasiah Jamil, Muhamad Nur Alif Suhendar, Amelia Kartini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.