Pengaruh Pemilihan Brand Ambassador (Idol K-POP) Terhadap Kenaikan Penjualan Produk

Main Article Content

Siti hanifah Nurasiah jamil

Abstract

Arus globalisasi mempengaruhi banyak hal termasuk pada aspek budaya hingga perekonomian negara. Disamping itu sector ekonomi kreatif juga berkembang dengan banyak inovasi dalam banyak hal, termasuk dalam strategi marketing yang diantaranya adanya pemanfaatan public figure sebagai citra dari suatu merk atau sebuah produk, yang sering kita sebut dengan brand ambassador. Pemilihan sebuah brand ambassador tidak hanya memiliki pengaruh terhadap sirkup kecil pada sebuah brand, tapi juga berperan dalam kenaikan citra atau daya jual sebuah produk.  Tujuan prnrlitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan dari pemilihan brand ambassador khususnya artis korea atau idol terhadap kenaikan dari penjualan sebuah brand, atau produk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi literatur terhadap jurnal jurnal ilmiah terdahulu. Pengambilan sumber didasarkan pada kesesuaian terhadap tema yang diambil sehingga terseleksi jurnal jurnal relevan yang sesuai dengan tujuan penelitian ini. Hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemilihan brand ambassador memiliki pengaruh yang positif terhadap kenaikan penjualan dari sebuah produk, didukung juga oleh faktor faktor pendukung lainnya seperti kualitas produk, brand personality serta faktor-faktor lainnya.

Article Details

How to Cite
jamil, S. hanifah N. . (2024). Pengaruh Pemilihan Brand Ambassador (Idol K-POP) Terhadap Kenaikan Penjualan Produk . Karimah Tauhid, 3(1), 506–510. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.9233
Section
Articles

References

Maulida, C. N., & Kamila, A. D. (2021). Pengaruh K-POP brand ambassador terhadap loyalitas konsumen. Kinesik, 8(2), 137-145.

Ilmi, S., Pawenang, S., & Marwati, F. S. (2020). Pengaruh Choi Siwon Sebagai Brand Ambassador, Brand Image (Citra Merek) dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Mie Korean Spicy Chicken. Edunomika, 4(1), 103-113.

Hendayana, Y., & Afifah, N. M. (2020). Pengaruh brand ambassador dan Korean wave terhadap minat belanja online melalui marketplace Tokopedia. Kinerja, 3(01), 32-46.

Octavian, P., Lukitaningsih, A., Cahya, A. D., & Udayana, I. B. N. (2023). Pengaruh Nct Dream sebagai Brand Ambassador dan Brand Image terhadap Perilaku Impulse Buying pada Produk Mie Instan Lemonilo. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(3), 874-888.

Fitriany, F. (2022). Pengaruh korean wave brand ambassador dan brand personality terhadap minat beli produk laneige Pada wanita generasi milenial di kota makassar. Nobel Management Review, 3(1), 39-51.