Pengaruh Psikologi Perkembangan Anak SD Terhadap Keberhasilan Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.14011Keywords:
Psikologi, Perkembangan Anak, PembelajaranAbstract
Psikologi meliputi pemeriksaan perilaku individu dan lingkungan. Dalam bidang yang luas ini, psikologi perkembangan anak muncul sebagai salah satu bidang yang berbeda. Perkembangan psikologis anak sangat mempengaruhi pengalaman belajarnya di sekolah dasar. Untuk memfasilitasi kegiatan pendidikan yang efektif, pendidik harus memiliki pemahaman tentang karakteristik psikologis dan lintasan perkembangan setiap anak yang berbeda. Fokus artikel ini adalah untuk mengkaji dampak perkembangan psikologis terhadap keberhasilan belajar mengajar di sekolah dasar. Efektivitas pendidik dalam berbagai peran bergantung pada pemahaman mereka tentang landasan psikologis pendidikan, di antara landasan pendidikan lainnya. Perkembangan psikologis siswa sekolah dasar merupakan aspek penting dalam hal ini. Cara yang digunakan dalam pembuatan artikel ini adalah dengan menggunakan metode Studi Pustaka atau Penelitian Perpustakaan.
References
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. IX(1), 37–50.
Dakir. (1993). “Dasar-Dasar Psikologi”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dimyati Mahmud, M. (1989) Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: DEPDIKBUD Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi P2LPTK. In Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: DEPDIKBUD Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi P2LPTK.
Dr, M.Shoffa Saifillah Al Faruq, M.Pd.I Dr.Sukatin, S.pd I., M. P. i. (2021). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN. YogyakartaCV BUDI UTAMA.
Istiqomah, H., & Suyadi. (2019). PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA SEKOLAH DASAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN ( STUDI KASUS DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO YOGYAKARTA ). 11(2), 155–168.
Magdalena, I., Nurlaelah, N., & Rahmatul Hasanah, I. (2023). Pengaruh Perkembangan Psikologi Anak Sdn Cengklong 1 Terhadap Keberhasilan Kegiatan Belajar Mengajar. Berajah Journal, 3(2), 343–354. https://doi.org/10.47353/bj.v3i2.235
Nur Utami, K., & Mustadi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 14–25. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15492
Nurmala, A. H. (2016). Pengaruh Perkembangan Psikologi Anak Sd Terhadap Keberhasilan Kegiatan Belajar Mengajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Simanjuntak, K., & Siregar, R. S. (2022). Perkembangan Kognitif Peserta Didik dan Implementasi dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Riyadhah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 111–124.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Raden Risma Fauziah , Nabila Kamaliah, Sobrul Laeli
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.