Analisis Kualitas Pelayanan Akta Kematian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13997Keywords:
Pelayanan, Pelayanan Publik, Akta KematianAbstract
Akta kematian adalah dokumen resmi yang sangat penting untuk berbagai urusan hukum dan administrasi setelah seseorang meninggal dunia. Meski masyarakat lebih banyak mengurus akta kelahiran dan kurang mengetahui pentingnya akta kematian, dokumen ini diperlukan untuk pembagian warisan, klaim asuransi, pembatalan KTP dan NPWP, pembaruan KK, serta proses hukum lainnya, termasuk akses terhadap rekening bank, properti, aset almarhum, pembaruan data kependudukan, dan penerimaan tunjangan atau santunan kematian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan menganalisis kualitas pelayanan dalam penerbitan akta kematian di kantor catatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan fokus pada pegawai Disdukcapil dan masyarakat sebagai objek penelitian. Metode analisis data pada penelitian yang digunakanadalah weight mean score (WMS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tertinggi dari lima dimensi tersebut yaitu dimensi jaminan (assurance) dan Reliability (keandalan) menurut pegawai. Sedangkan menurut masyarakat angka tertinggi 3,9 dan 3,9 dengan kriteria penilaian baik pada dimensi assurance (jaminan) dan Reliability (keandalan). Adapun kriteria penafsiran terendah yaitu pada indikator Petugas mendahulukan kepentingan masyarakat dimensi empathy (empati) dengan skor 3,0 kriteria penilaian Cukup Baik. Hasil rangkuman evaluasi seluruh dimensi menurut persepsi masyarakat menunjukkan rata-rata sebesar 3,7 dengan penilaian "Baik", sementara menurut pegawai adalah rata-rata 4,1 juga dengan penilaian "Baik". Berdasarkan skor angka dan kriteria penilaian, serta hasil dari wawancara, dapat disimpulkan bahwa pelayanan dalam penerbitan Akta Kematian di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor telah berjalan dengan baik.
References
jurnal:
Januardil, Il. (2019). Kualiltas Pellayanan Pelnelrbiltan Akta Kelmatilan Olelh Dilnas Kelpelndudukan dan Pelncatatan Silpill Dil Kabupateln Kuantan Silngilngil (Doctoral dilsselrtatilon, Unilvelrsiltas Ilslam Rilau).
Kurnilawan, Agung. (2005). Transformasil Pellayanan Publilk. Yogyakarta. Pelnelrbilt Pelmbaharuan
Nailnggolan, Eldward UP. (2020). Kondilsil Layanan Publilk dil Ilndonelsila. Dilambill daril https://www.djkn.kelmelnkelu.go.ild/kanwill-kalbar/baca-artilkell/13189/Quo-Vadils-Layanan-Publilk-Ilndonelsila.html. Pada tanggal 20 julil 2023 Jam 19.00
Pelraturan Daelrah Kabupateln bogor Nomor 2 Tahun 2017 Telntang Pelrubahan Atas Pelraturan Daelrah Kabupateln Bogor Nomor 9 Tahun 2009 Telntang Pelnyellelnggaraan Admilnilstrasil Kelpelndudukan.
Septiany, S. R., Maksudi, B. I., & Purnamasari, I. (2016). Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Di Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor. Jurnal Governansi, 2(1), 35-44.
Zelilthaml, V.A., Parasuraman A. & Belrry, L. L., 1990. Dellilvelrilng Qualilty Selrvilcel. Nelw York: Thel Frelel Prelss
Sastrawan, B., Seran, G. G., & Wati, E. (2023). Responsivitas Pegawai Dalam Pelayanan One Day Service Pada Dinas Kependudukam Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 13(1/April).
Subagdja, O. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Dalam Persepsi Penerima Layanan: Studi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bogor. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(2), 312–328. https://doi.org/10.33005/jdg.v11i2.2677
website:
dilsdukcapill.bogorkab.go.ild
silloka.dilsdukcapillbogorkab.ild
https://jabar.bps.go.ild/ilndilcator/12/133/1/jumlah-pelnduduk-melnurut-kabupateln-kota.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Annisa Nurul Aulia, Irma Purnamasari, Berry Sastrawan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.