Rancangan Pengembangan Hypercontent Modul IPAS (MIPAS) Materi Magnet, Listrik dan Teknologi Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Sofi Safiqa Raihani Universitas Djuanda
  • Resti Yektyastuti Universitas Djuanda
  • Anne Effane Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13924

Keywords:

Pengembangan, hypercontent, bahan ajar

Abstract

Media pembelajaran secara umum merupakan alat bantu dalam proses pembelajaran. Berkembangnya zaman secara pesat, media pembelajaran juga berevolusi dari media pembelajaran konvensional menjadi media pembelajaran yang berupa digital. Pembelajaran secara konvensional sering mengalami kendala seperti kesulitan dalam pemahaman. Perancangan ini berangkat dari permasalahan tersebut dan kurang tersedianya media/sumber belajar di sekolah. Perancangan media ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran, yaitu bahan ajar hypercontent modul pada mata pelajaran IPAS materi magnet. Listrik dan teknologi kelas V sekolah dasar. Dalam perancangan ini model pegembangan yang digunakan dalam pengembangan media yaitu model alessi dan trollip yang terdiri dari 3 tahap, yaitu planning, desain, dan development. Dengan media yang berbasis digital ini memungkinkan siswa mendapatkan output pembelajaran yang lebih kaya daripada media pembelajaran konvensional. Siswa dapat melihat foto, video pembelajaran, animasi, dan simulasi yang dapat dilakukan secara online. Bahan ajar Hypercontent Modul IPAS  ini dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar, menambah pengalaman belajar siswa dan mempermudah guru selama proses pembelajaran

References

Akbar, J. S., Arilanil, M., Zulhawatil, Haryanil, Zanil, B. N., Husnilta, L., Filrmansyah, M. B., Sa’dilanoor, Karuru, P., & Hamsilah, A. (2023). Pelnelrapan Meldila Dilgiltal Pelmbellajaran Elra Dilgiltal. PT Sonpeldila Publilshilng Ilndonelsila.

Alelssil, & Trollilp. (2001). Multilmeldila for lelarnilng (3thEld.). Pelarson Elducatilon Ilnc.

Delpdilknas. (2008). Pelngelmbangan Bahan Ajar Meldila. Delpartelmeln Pelndildilkan Nasilonal.

Fakhrurrazil. (2018). Hakilkat Pelmbellajaran yang Elfelktilf. Jurnal At-Tafkilr, XIl (1). https://doil.org/https://doil.org/10.32505/at.v11il1.529

Hallilng, A., Salilm, A., & Arnildah. (2007). Pelrelncanaan Pelmbellajaran. Badan Pelnelrbilt UNM.

Kosasilh, El. (2021). Pelngelmbangan Bahan Ajar. PT Bumil Aksara.

Puspa Cahya, D., Yelktyastutil, R., & Mawardilnil, A. (2023). Analilsils Pelmanfaatan Meldila Pelmbellajaran IlPA Telrhadap Motilvasil Bellajar Silswa Selkolah Dasar. NCOIlNS: Natilonal Confelrelncel of Ilslamilc Natural Scilelncel, 3.

Puspasaril, & Suryanilngsilh. (2019). Pelngelmbangan buku ajar kompilkasil teloril gratf delngan modell addilel. Jurnal of Mathelmatilc Elducatilon IlKIlP Veltelran Selmarang, 3(1).

Sugilyono. (2019). Meltodel pelnelliltilan: pelndelkatan kuantiltatilf, kuliltatailf dan r&d. Alfabelta.

Yelktyastutil, R., & Ilkhsan, J. (2016). Pelngelmbangan meldila pelmbellajaran belrbasils androild pada matelril kellarutan untuk melnilngkatkan pelrforma akadelmilk silswa SMA. Jurnal Ilnovasil Pelndildilkan IlPA, 2(1), 88. https://doil.org/10.21831/jilpil.v2il1.10289

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Raihani, S. S., Yektyastuti, R. ., & Effane, A. (2024). Rancangan Pengembangan Hypercontent Modul IPAS (MIPAS) Materi Magnet, Listrik dan Teknologi Kelas V Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(6), 6980–6989. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13924
Abstract viewed = 0 times