Strategi Komunikasi Pemasaran Curug Cigamea Kabupaten Bogor sebagai Promosi Wisata Melalui Instagram pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Elang Damar Universitas Djuanda
  • Sukarelawati Universitas Djuanda
  • Agustini Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13283

Keywords:

Strategi Komunikasi Pemasaran, Media Sosial Instagram, Covid-19, Curug Cigamea

Abstract

Media sosial merupakan strategi komunikasi pemasaran yang harus dimiliki oleh setiap industri pariwisata untuk menjalankan pariwisata. Hal ini bisa sangat membantu dalam menerapkan strategi komunikasi ini, terutama melalui Instagram. Dengan komunikasi yang baik, Anda dapat membantu mereka dan memenuhi kebutuhan mereka. Rencana yang jelas dan efisien diperlukan untuk meningkatkan tingkat keberhasilan dan mengurangi risiko kegagalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Air Terjun Shigamea di Kabupaten Bogor sebagai promosi wisata melalui Instagram di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara mendalam kepada pihak manajemen serta melakukan observasi dan dokumentasi. Hasil kajian komunikasi pemasaran yang dikembangkan oleh pengelola wisata Air Terjun Shigamea melalui Instagram dengan menggunakan aspek periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, dan pemasaran langsung menunjukkan bahwa keduanya saling berkaitan dan tujuan media sosial pengelola wisata tersebut menunjukkan adanya kesesuaian. Saat memberikan informasi mengenai virus corona, operator juga fokus menjaga pariwisata dan memastikan konten yang mereka berikan bermanfaat bagi wisatawan

References

Buku.

A Muri Yusuf. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Cangara, Hafied. (2013). Perencanaan dan strategi Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo.

Fandy, Tjiptono. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta, Andi Offset.

Herdiansyah, Haris. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta Selatan: selemba Humanika.

Kotler dan Kaller. 2014. Manajemen Pemasaran Edisi Jilid I. Jakarta. Erlangga.

Moleong, L. J, 2020, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Dedy. 2007, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nazir, Moh.Ph.D. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sumber Jurnal:

Aditiyo, Susilo, C, dkk. 2020. Corona Virus Diesease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indosenia. Vol 7 No. 1. Maret 2020.

Agatha, S Kelly “Peranan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Bisnis Online (Sudi Desriftif Kualitatif pada Bisnis Online Floshablee).

Barreto, M., Giantri, I.G.A. 2015. Strategi pengembangan objek wisata air panas di Desa Marobo, Kabupaten Barobo, Timur Leste. E-jurnal Ekonomi dan Bisnis. 4(11)779.

Digna Merian Andriani (Vol. 3 No 1, 2015). Pengelolaan Desa Wisata Belimbing Menuju Pariwisata Berkelanjutan Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali.

Fitriani, Indah, Nur. 2020, Tinjauan Pustaka Covid-19: virology, Pato Genesis dan Manifestasi Klinis.

Gennaro, F. Di, Pizzol, D., Marotta, C., Antunes, M., Racalbuto, V., Veronese, N., & Smith, L. (2020). Coronavirus Diseases (COVID-19) Current Status and Future Perspectives : A Narrative Review. International Journal of Environmental Research and Public HealthEnvironmental Research and Public Health, 17(2690), 1–11. https://doi.org/10.3390/ijerph17082690

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Global Edition. New Jersey: Pearson Hall

Siti Arvanitha (2019). Peran Akun Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Peningkatan Penjualan Usaha Kuliner di Kompleks Puri Taman Sari Kecamtan Manggala Kota Makassar (Studi Kasus Usaha Yang Terdaftar Pada Go Food). Makassar.

Wolah, fera, feni. 2016. Peran Promosi dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Poso. Acta Diurna.

Downloads

Published

2024-05-13

How to Cite

Damar, E., Sukarelawati, & Agustini. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Curug Cigamea Kabupaten Bogor sebagai Promosi Wisata Melalui Instagram pada Masa Pandemi Covid-19. Karimah Tauhid, 3(5), 5787–5794. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13283
Abstract viewed = 11 times