Menentukan Sumber Belajar dan Media Pengembangan Perencanaan Pembelajaran

Main Article Content

Saidah Ulfa
Siti Rahmawati

Abstract

Media dalam pendidikan ialah perangkat yang membantu proses belajar mengajar sehingga pesan yang disampaikan menjadi lebih jelas dan tujuan pendidikan dapat dicapai dengan efektif dan efisien. Media pendidikan adalah salah satu sumber belajar untuk siswa buat mendapatkan pesan serta data yang bagikan oleh guru sehingga modul pendidikan bisa lebih bertambah serta membentuk pengetahuan untuk siswa. Sumber yang bisa tingkatkan hasil belajar siswa dengan terdapatnya media pendidikan ialah proses belajar mengajar jadi gampang serta menarik sehingga siswa bisa paham serta menguasai pelajaran dengan gampang, efisiensi, belajar siswa bisa bertambah sebab cocok dengan tujuan pendidikan. Tata cara pengumpulan informasi dengan memakai riset pustaka. Hingga guru dalam mengembangakan proses belajar partisipan didik dengan memastikan sumber belajar serta media pendidikan.

Article Details

How to Cite
Ulfa, S. ., & Rahmawati, S. (2024). Menentukan Sumber Belajar dan Media Pengembangan Perencanaan Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(5), 5813–5821. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13215
Section
Articles

References

Buchari, Agustini. 2018. “PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 12(2): 106. doi:10.30984/jii.v12i2.897.

Daniyati, Ani, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, and Usep Setiawan. “Konsep Dasar Media Pembelajaran.”

Ekayani, Ni Luh Putu. “PENTINGNYA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA.”

Fadilah, Aisyah, Kiki Rizki Nurzakiyah, Nasywa Atha Kanya, Sulis Putri Hidayat, and Usep Setiawan. 2023. “Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran.” 1(2).

Kartakusumah, Berliana, Mega Febriani Sya, and Mustolah Maufur. 2022. “Task and Feedback-Based on English Learning to Enhance Student Character.” DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9(1): 1–10. doi:10.30997/dt.v9i1.4684.

Latief, Abdul. “PERANAN PENTINGNYA LINGKUNGAN BELAJAR BAGI ANAK.” 7(2).

Masdar Limbong, Firmansyah, Fauzi Fahmi, and Rabiatul Khairiah. 2022. “Sumber Belajar Berbasis Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah: Learning Resources Based on Interactive Learning Media in School.” Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 2(1): 27–35. doi:10.51454/decode.v2i1.27.

Munisah, Eny. 2020. “PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR.” 18.

Narmi, Yulia, Maria Montessori, Yanti Fitria, and M. Fachri Adnan. 2021. “Pemanfaatan Sarana dan Sumber Belajar pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(6): 6144–49. doi:10.31004/basicedu.v5i6.1774.

Nuresa, Sinta Ayu, Mega Febriani Sya, and Iyon Muhdiyati. 2023. “CIRC DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PELAFALAN ALPHABET BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR.” Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1(2): 40–49. doi:10.33830/penaanda.v1i2.6404.

Nurhayati, R, and Aulia Nur Tanzila. 2020. “Konsep Dasar Media Pembelajaran.” 1(1).

Oktaviani, Ria, Muhammad Iqbal Suja’i, Irman Suherman, and Mega Febriani Sya. “Upaya Peningkatan Minat Baca di SDN Cibalung 02 dengan Program Pojok Baca.”

Purnasari, Pebria Dheni, and Yosua Damas Sadewo. 2020. “Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan.” Publikasi Pendidikan 10(2): 125. doi:10.26858/publikan.v10i2.13846.

Safitri, Andriani, Mei Nur Rusmiati, and Hafni Fauziyyah. 2022. “Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.” 6.

Sidiq, Elan Ilyas, and Cecep Rif’at Syaripudin. “Sumber Belajar dan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran.”

Silahuddin, Anang. “PENGENALAN KLASIFIKASI, KARAKTERISTIK, DAN FUNGSI MEDIA PEMBELAJARAN MA AL-HUDA KARANG MELATI.” V o l u m e.

Supriadi, Supriadi. 2017. “PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN.” Lantanida Journal 3(2): 127. doi:10.22373/lj.v3i2.1654.

Sya, Mega Febriani, Helmia Tasti Adri, Abdul Kholik, Deski Halim Sudjani, Zahra Khusnul Latifah, and Uslan. 2021. “INDONESIAN LEARNING: TOWARDS THE ACADEMIC ACHIEVEMENT OF COMMUNICATIVE COMPETENCE.” Indonesian Journal of Social Research (IJSR) 3(3): 183–89. doi:10.30997/ijsr.v3i3.152.

Wahid, Farhan Saefudin, M. Agus Purnomo, and Siti Mughimatun Ulya. 2020. “Analisis Peran Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Kreativitas Belajar Siswa.” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL 2(01): 38–42. doi:10.46772/kontekstual.v2i01.247.

Wulandari, Amelia Putri, Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah Nurazizah, and Zakiah Ulfiah. 2023. “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar.” Journal on Education 5(2): 3928–36. doi:10.31004/joe.v5i2.1074.

Yestiani, Dea Kiki, and Nabila Zahwa. 2020. “Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar.” FONDATIA 4(1): 41–47. doi:10.36088/fondatia.v4i1.515.

Most read articles by the same author(s)