PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PROTOTYPE ANIMASI GAME 3D TOUR INTERAKTIF

Main Article Content

Ma’shum Abdul Jabbar
Tia Agustiani
Ali Alamsyah Kusuma Dinata
Irma Purnamasari

Abstract

Touring atau tur, merupakan kegiatan mengelilingi atau mengekslorasi suatu tempat atau daerah. Seiring berkembangnya teknologi, kegiatan tur dapat dilakukan tanpa mendatangi secara langsung tempat yang ingin dikunjungi. Salah satunya adalah tur dengan game 3D interaktif, dengan tujuan pengunjung dapat berkeliling dan berinteraksis dengan bebas di suatu tempat dimana pun kapanpun. Contoh animasi game 3D yang penulis buat dalam artikel ini adalah tur sekolah untuk kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Tujuan dan latar belakang masalah dibuatnya artikel penelitian prototype game 3D ini diharapkan dapat membuat gambaran bagaimana animasi game 3D sederhana dibuat dan berjalan, agar dapat terbentuk menjadi sebuah aplikai game yang menyenangkan dan mempermudah juga menjadi solusi terutama untuk setiap kegiatan resmi yang wajib didatangi namun berhalangan hadir, atau sekedar ingin berkunjung namun tempat tujuan tidak dapat didatangi/ ditutup karena suatu alasan.

Article Details

How to Cite
Jabbar, M. A. ., Tia Agustiani, Ali Alamsyah Kusuma Dinata, & Irma Purnamasari. (2023). PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PROTOTYPE ANIMASI GAME 3D TOUR INTERAKTIF. Karimah Tauhid, 2(5), 1349–1359. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10094
Section
Articles

References

A., D., & A., D. (2021). LibreSprite, program gratis untuk seni piksel atau membuat dan menghidupkan Sprite. Retrieved 10 August 2023, from https://ubunlog.com/id/libreprite-menciptakan-seni-piksel-anima-sprite/

Aula, Sulaiman, Ahmadian, Hendri dan Majid, Basrul Abdul. “Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Student Adventure 2D Menggunakan Scratch 2.0 Pada SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya.” Volume 4, Nomor 1 (2020): 23.

Bintara, W. (2023). Pengertian Blender Adalah : Sejarah, Fitur, Kelebihan, Kekurangan. Retrieved 9 August 2023, from https://dianisa.com/pengertian-blender/

Dicoding Indonesia. (2017). Dicoding Event: GAMERANG Gath (GG) #17 - Godot Engine 101. Dicoding. https://www.dicoding.com/events/1065

Hidayati, K. (2020). Adobe Illustrator: Apa Itu, Fitur Unggulan, dan Harga Berlangganan. Retrieved 9 August 2023, from https://glints.com/id/lowongan/adobe-illustrator-adalah/

IDCloudHost, C. (2020). Mengenal Apa itu Figma : Fitur, Fungsi, Cara Kerja / Menggunakannya. Retrieved 9 August 2023, from https://idcloudhost.com/blog/mengenal-apa-itu-figma-fitur-fungsi-cara-kerja-menggunakannya/

Irawan, Risdianto, Isa, Sani M. (2020, Juli). Social Media Disaster Relevance Classification for Situation. Volume 1, Nomor 1 (2020): 3217.

Awareness during Emergency Response in Indonesia

Kurniadi, M. (2023). Arti Kata Tur di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Retrieved 9 August 2023, from https://kbbi.lektur.id/tur

Pramudita, Rully, Arifin, Rita Wahyuni, Alfian, Ari Nurul, Safitri, Nadya, dan Anwariya , Shilka Dina. “Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun UI/UX Yang Interaktif Pada Program Studi Teknik Informatika Stmik Tasikmalaya.” Volume 3, Nomor 1 (2012): 150.

Putra, B. (2020, November 10). SAE Indonesia - Perguruan Tinggi & Pelatihan Media Kreatif. SAE Indonesia - Perguruan Tinggi & Pelatihan Media Kreatif. https://indonesia.sae.edu/id/perbedaan-animasi-2d-dan-3d/

Rochman, Mochamad Faizal. “Blender 3D Untuk Pendidikan Animasi.” DEKAVE Volume 1, Nomor 3 (2012): 21.

Setiawan, R. (2021, August 10). Apa Itu Prototype? Kenapa Itu Penting? - Dicoding Blog. Dicoding Blog. https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-prototype-kenapa-itu-penting/

Zebua, Taronisokhi, Nadeak, Berto dan Sinaga, Soni Bahagia. “Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D.” Volume 1, Nomor 1 (2020): 19-20.

Most read articles by the same author(s)