STRATEGI KREATIF UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS FASILITAS DIGITAL MARKETING

Authors

  • Hilmy Aliy Andra Putra Universitas Djuanda
  • Muhamad Fikri Universitas Djuanda
  • Ali Alamsyah Kusuma Dinata Universitas Djuanda
  • Irma Purnamasari Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.10028

Keywords:

Digital marketing, media promoasi, desain grafis.

Abstract

Era digital banyak sekali membuat perubahan yang signifikan tentang cara komunikasi dan pemasaran di dunia pendidikan. Desain grafis juga sangat membantu dalam promosi di dunia pendidikan. SMK Amaliah 1 Ciawi saat ini masih menggunakan metode promosi yang masih kurang efektif, dengan hanya membuat banner dan brosur untuk meninggkatkan promosi penerimaan siswa baru. Metode offline banyak menimbulkan beberapa kendala, seperti sempitnya jangkawan yang di dapat karena hanya terlihat oleh daerah atau lingkungan sekitar tempat banner itu dipasang, hal ini dapat menyebabkan penurunan jumlah siswa. Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran atau promosi suatu produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Fungsi digital marketing juga sebagai sarana untuk meningkatkan kegiatan promosi. Karena pelanggan bisa mengetahui informasi suatu tentang SMK Amaliah hanya melalui internet, sehingga pelanggan bisa mendapatkan informasi seputar SMK Amaliah tanpa terbatas oleh jarak dan waktu. Dengan digital marketing yang bergerak di bidang online yang berfokus pada media sosial seperti Instagram, YouTuber, Website, Facebook & Watsapp. Tidak hanya mampu membantu promosi SMK Amaliah saja, dengan digital marketing ini juga membuat jumlah siswa yang mendaftar ke SMK Amaliah semakin meningkat dari tahun ke tahun. SMK Amaliah menggunakan desain grafis sebagai media penyampaian visual agar mudah dibaca dan dilihat oleh audiens. Melalui karya seni desain grafis seperti Flyer informasi yang didapat akan lebih menarik dan audiens lebih menyenangkan membacanya karena di dalamnya terdapat unsur visual yang menarik.

References

Aprizal, Rival. (2015). Pengertian Desain. http://id.wikipedia.org/wiki/Desain. Diakses 23 Juli 2023.

Jessica, C. (2021, Desember 10). Content Marketing: Mengenal Arti, Manfaat, Bentuk, dan Skill-nya. https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-content-marketing/. Diakses 23 Juli 2023.

Struggles, H. d. (2009). Pengertian Digital Marketing. https://www.gramedia.com/literasi/. Diakses 23 Juli 2023.

Downloads

Published

2023-08-02

How to Cite

Hilmy Aliy Andra Putra, Muhamad Fikri, Ali Alamsyah Kusuma Dinata, & Irma Purnamasari. (2023). STRATEGI KREATIF UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS FASILITAS DIGITAL MARKETING. Karimah Tauhid, 2(4), 1238–1245. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.10028
Abstract viewed = 30 times

Most read articles by the same author(s)