METODE SOSIODRAMA BERPENGARUH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Main Article Content

Fibrina Agnia
Wiworo Retnadi Rias Hayu

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas III SDN 03 Klapanunggal pada mata pelajaran IPS. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 03 Klapanunggal terdiri dari 70 siswa, 36 siswa untuk kelas kontrol dan 34 siswa untuk kelas eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Berdasarkan hasil analisis data pada uji hipotesis statistik dan independent t-test keduanya menunjukkan nilai signifikan yang sama yaitu 0,00 ≤ 0,05 yang berarti bahwa kelas eksperimen dengan penggunaan metode sosiodrama memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar IPS dibandingkan dengan kelas kontrol. Adanya metode sosiodrama yang menyenangkan akan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi IPS. Motivasi belajar pada kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol.

Kata Kunci: IPS, metode sosiodrama, motivasi belajar.

 

SOCIODRAMA METHOD EFFECT ON STUDENT LEARNING MOTIVATION


ABSTRACT

This study was conducted to determine the influence of sociodrama method on improving students' learning motivation of third grade SDN 03 Klapanunggal to social sciences. Population and sample of this research was the third grade student of SDN 03 Klapanunggal consist of 70 students, 36 students for control class and 34 students for experimental class. The type of research used is Quasi Experimental Design. Based on the results of data analysis on statistical hypothesis test and independent t test both showed the same significant value that is 0,00 ≤ 0,05 which means that the experimental class with the use of sociodrama method has influenced the social sciences learning motivation compared to the control class. The presence of a pleasant sociodrama method will influence students' learning motivation so it can improve student learning outcomes on social sciences. The learning motivation in the experimental class has been increased more than the control class.


Article Details

How to Cite
Agnia, F., & Hayu, W. R. R. (2017). METODE SOSIODRAMA BERPENGARUH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/10.30997/dt.v4i1.820
Section
Articles
Author Biographies

Fibrina Agnia, Universitas Djuanda

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Wiworo Retnadi Rias Hayu, Universitas Djuanda

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Ahyani LN dan DR Dhania. 2011. Metode sosiodrama dalam meningkatkan kecerdasan moral anak. Jurnal Sosial dan Budaya. 4(2):143-149.
Azizah N. 2015. Peningkatan kualitas pembelajaran PKn melalui metode sosiodrama berbantu media boneka tangan pada siswa kelas IVA SDN Tambakaji 03 kota semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Bahri S dan A Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta, Jakarta.
Erawan DGB. 2014. Penggunaan metode sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan berwawancara dengan berbagai kalangan pada siswa kelas VIII SMP Mutiara Singaraja. Jurnal Santiaji Pendidikan. 4(1): 1-13.
Hartati Y. 2016. Evaluasi perencanaan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan pendekatan saintifik. Jurnal Sosial Humaniora. 7(1): 20-35.
Rohmah MA dan N Setyowati. 2014. Efektivitas pembelajaran melalui pengembangan metode sosiodrama dalam meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas VIII SMPN 2 Parang. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 2(2): 533-547.
Suarsana IBP, W Lasmawan, dan AAIN Marhaeni. 2013. Pengaruh metode pembelajaran bermain peran berbantuan asesmen kinerja terhadap hasil belajar IPS dan motivasi berprestasi kelas V SDN gugus II Laksamana Jembrana. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar. 3: 1-10.
Sugiyono. 2009. Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif R&D. Alfabeta, Bandung.
Suprijono A. 2013. Cooperative learning teori dan aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Taniredja T, ME Faridli, dan S Harmianto. 2013. Model-model pembelajaran inovatif dan efektif. Alfabeta, Bandung.