Upaya Peningkatan Minat Baca di SDN Cibalung 02 dengan Program Pojok Baca
Main Article Content
Abstract
Literasi adalah kegiatan yang dnyatakan rendah keberminatannya di indonesia. Berdasarkan survei yang dilakukan untuk International Student Assessmen (PISA) yang dirilis Organization for Economic C0-operation and Development (OCED)pada 2019, indonesia menempati peringkat ke 62 dari 70 negara, atau merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah. Karena seharusnya menjadi penting suatu literasi terlebih harus ditanam sejak duduk dibangku sekolah dasar. Maka berdasarkan hasil survei dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di SDN Cibalung 02 yang berlokasikan di daerah kecamatan Cijeruk menjadi ketertarikan agar dapat memberikan upaya terhadap peningkatan kegiatan minat baca. Melihat dari kelas rendah hingga kelas atas yang dominan belum lancar dalam membaca. pembuatan pojok baca sederhana merupakan upaya dalam meningkatkan minat baca peserta didik SD Cibalung 02 untuk menyadarkan peserta didik akan pentingnya literasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari program ini antara lain:1) Menambah fasilitas suasana baru dengan pembuatan gambar pojok baca, 2) membersihkan dan merapihkan perpustkaan yang sudah 4 tahun tidak beroperasi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.
Ariston, Y., & Frahasini. (2018). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET BAGI PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK SEKOLAH DASAR. Journal Of Educational Review and Research, 1(2), 86–91. https://dx.doi.org/10.26737/jerr.v 1i2.1675
Arsil. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Di Sekolah Dasar. JGPD: Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.22437/gentala. v4i1.6905
Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2019). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. JIPPSD: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan PembelajaranSekolah Dasar, 3(2), 48–57. https://doi.org/10.24036/jippsd.v 3i2.107562
Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, dan R&D. Alfabeta.