Upaya Peningkatan Minat Baca di SDN Cibalung 02 dengan Program Pojok Baca

Main Article Content

Ria Oktaviani
Muhammad Iqbal Suja'i
Irman Suherman
Mega Febriani Sya

Abstract

Literasi adalah kegiatan yang dnyatakan rendah keberminatannya di indonesia. Berdasarkan survei yang dilakukan untuk International Student Assessmen (PISA) yang dirilis Organization for Economic C0-operation and Development (OCED)pada 2019, indonesia menempati peringkat ke 62 dari 70 negara, atau merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah. Karena seharusnya menjadi penting suatu literasi terlebih harus ditanam sejak duduk dibangku sekolah dasar. Maka berdasarkan hasil survei dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di SDN Cibalung 02 yang berlokasikan di daerah kecamatan Cijeruk menjadi ketertarikan agar dapat memberikan upaya terhadap peningkatan kegiatan minat baca. Melihat dari kelas rendah hingga kelas atas yang dominan belum lancar dalam membaca. pembuatan pojok baca sederhana merupakan upaya dalam meningkatkan minat baca peserta didik SD Cibalung 02 untuk menyadarkan peserta didik akan pentingnya literasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari program ini antara lain:1) Menambah fasilitas suasana baru dengan pembuatan gambar pojok baca, 2) membersihkan dan merapihkan perpustkaan yang sudah 4 tahun tidak beroperasi.

Article Details

How to Cite
Oktaviani, R., Suja’i, M. I., Suherman, I., & Sya, M. F. (2023). Upaya Peningkatan Minat Baca di SDN Cibalung 02 dengan Program Pojok Baca . Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 73–80. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/educivilia/article/view/6623
Section
Articles

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Ariston, Y., & Frahasini. (2018). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET BAGI PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK SEKOLAH DASAR. Journal Of Educational Review and Research, 1(2), 86–91. https://dx.doi.org/10.26737/jerr.v 1i2.1675

Arsil. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Di Sekolah Dasar. JGPD: Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.22437/gentala. v4i1.6905

Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2019). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. JIPPSD: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan PembelajaranSekolah Dasar, 3(2), 48–57. https://doi.org/10.24036/jippsd.v 3i2.107562

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, dan R&D. Alfabeta.